PMM 69 Penerapan Pembelajaran dengan Metode Visual di RTQ RAUDHATUL ULUM

ANDRIAN SEPTA PRAYOGA
PMM 69 Penerapan Pembelajaran dengan Metode Visual di RTQ RAUDHATUL ULUM
Dokumentasi Metode Pembelajaran Visual. (Dok. Pribadi/

PMM 69 melakukan metode pembelajaran dengan metode visual yang dimana pembelajaran itu diperuntukan khususnya anak-anak yang belajar di RTQ Roudlotul Amin yang berada di Dusun Dresel, Desa Oro Oro Ombo, Kota Batu.

Dalam rangka mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi ketiga berupa pengabdian kepada masyarakat, PMM 69 UMM dibawah bimbingan Dosen Mohammad Jufri, ST. MT., menawarkan berbagai program menarik untuk masyarakat di dusun. Salah satunya dengan pembelajaran dengan metode visual RTQ Roudlotul Amin.

Metode belajar juga dapat diartikan sebagai kecenderungan untuk melakukan adaptasi mengenai suatu strategi belajar tertentu dengan cara mencari serta mencoba dengan aktif. Sehingga, pada akhirnya individu-individu akan mendapatkan satu pendekatan belajar yang sesuai dengan tuntutan belajarnya.

Sementara itu Willing (1988) menyatakan bahwa gaya belajar merupakan kebiasaan belajar yang dimiliki oleh siswa dan disenangi atau disukai oleh pembelajar tersebut. Keefe mendefinisikan gaya belajar sebagai suatu cara bagi seseorang ketika berinteraksi, menerima, serta memandang lingkungannya.

"Pembelajaran ini sangat efektif untuk anak-anak di RTQ Roudlotul Amin yang dimana pembelajaran tersebut tidak hanya menyenangkan tetapi juga bisa untuk ranah mengenal teknologi modern," ujar Farizky Hanantyo selaku penanggung jawab dari proker tersebut.

Belajar anak dengan gaya belajar visual, umumnya akan lebih tertarik dengan warna, gambar, garis, tabel, grafis, simbol, diagram serta bentuk-bentuk lainnya. Sehingga, seorang anak yang memiliki gaya belajar visual akan cenderung memiliki pemahaman mengenai sesuatu dengan nilai-nilai artistik didalamnya. Jadi tidak heran, apabila anak dengan gaya belajar visual akan lebih suka membaca dibandingkan mendengarkan.

"Kami begitu sangat senang dengan kehadirannya mas-mas dari UMM ini. Karena diadakannya pembelajaran dengan metode visual yang dimana anak-anak ini belum mengenal apa itu pembelajaran dengan metode tersebut. Yang terlihat adalah mereka sangat antusias dan merasa sangat senang dengan pembelajaran dengan metode tersebut, kami juga sebagai pengurus RTQ ini sangat mendukung penuh kegiatan yang mas-mas adakan," ujar Ibu Rusmiati selaku Kepala Pengurus di RTQ Roudlotul Amin.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak