8 Cara Meriahkan Hari Antikorupsi Sedunia 2022, Catat Tanggalnya!

Sarah Herfiana
8 Cara Meriahkan Hari Antikorupsi Sedunia 2022, Catat Tanggalnya!
Foto dokumentasi acara lelang barang gratifikasi KPK (Kpk.go.id)

Dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia atau Hakordia 2022 yang jatuh pada Jumat 9 Desember 2022 mendatang, kamu bisa mengikuti berbagai cara untuk ikut serta memeriahkannya. Berbagai acara dan kegiatan menarik yang bisa diikuti oleh kamu tentunya akan dilaksanakan di Jakarta.

Keikutsertaan kamu dalam Hakordia 2022 bukan sekadar partisipasi saja lho, melainkan bisa diartikan menjadi salah satu dukungan terhadap upaya pemberantasan korupsi yang digawangi KPK di Indonesia.

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, sebaiknya jangan lewatkan 5 cara meriahkan Hari Antikorupsi Sedunia atau Hakordia 2022, nih. Yang salah satu cara meriahkan Hari Antikorupsi Sedunia yaitu mengikuti lomba baca puisi di Jakarta. Selain baca puisi, berikut deretan cara yang bisa kamu lakukan demi memeriahkan Hakordia 2022, seperti yang kutip dari KPK.

1. Zona Musik dan Seni

Pada Hakordia 2022 kamu bisa mengikuti zona musik dan seni yang merupakan kegiatan pendidikan antikorupsi dengan cara-cara yang menghibur dan menyenangkan.

Pada kegiatan ini kamu akan melihat pertunjukan seni dan budaya daerah serta penampilan teater. Pertunjukan seni dan budaya daerah serta penampilan teater akan ditampilkan di Ruang Birawa, Menara Bidakara. Yang mana zona musik dan seni akan diadakan pada Jumat-Sabtu, 9-10 Desember 2022.

Selain hari Jumat dan Sabtu, sebenarnya ada juga hari Minggu hanya saja di lokasi yang berbeda yaitu di Plaza Parkir Timur Senayan.

2. Lomba Antikorupsi

Sementara pada Jumat-Sabtu, 9-10 Desember 2022 di Ruang Nakula, Menara Bidakara juga akan ada lomba puisi untuk pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Hakordia 2022 juga akan mengadakan kegiatan lomba cerdas cermat pada Sabtu, 10 Desember 2022, di Ruang Bisma Kresna, Menara Bidakara.

BACA JUGA: Tutupi Isu Perceraian, Syahrini Posting Foto-Foto Kemesraan, Netizen Malah Salfok dengan Sosok Perempuan Ini

3. Zona Film

Pendidikan antikorupsi untuk remaja tersedia pada Hakordia 2022 dalam bentuk zona film. Zona film ini disiapkan Anti Corruption Film Festival atau ACFFEST dan berbagai serial film anak KPK yang memiliki nilai integritas bagi remaja.

Melalui progam yang edukatif dan menyenangkan semua remaja bisa kumpul di Ruang Nakula Hotel Bidakara pada Sabtu, 10 Desember 2022.

Dalam zona film ini terbagi menjadi dua yaitu untuk pengunjung tingkat SMA dan untuk tingkat mahasiswa. Kegiatan ini bisa diikuti tingkat SMA pukul 09.00-12.00 dan untuk tingkat mahasiswa pukul 13.00-16.00.

BACA JUGA: Boy William Pindah Agama Demi Ayu Ting Ting? Ini Ungkapan Boy Soal Beda Agama dalam Hubungan

4. Zona Anak Antikorupsi

Untuk pengunjung yang membawa anak bisa mengikuti zona anak antikorupsi yang dilaksanakan di Plaza Parkir Timur Senayan. Pada zona anak ini akan dilaksanakan hari Minggu, 11 Desember 2022, pukul 08.00 sampai 11.00 WIB.

Anak-anak juga bisa mengikuti berbagai boardgame seru, mengikuti Senam Sahabat Pemberani, mendengarkan dongeng antikorupsi, serta menggambar dan mewarnai.

5. Apel Besar Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas (PAKSIAPI)

Sebagai ajang pertemuan tahunan para Penyuluh Antikorupsi (PAKSI) dan Ahli Pembangun Integritas (API) maka akan dilaksanakan Apel Besar Penyuluh Antikorupsi dan Ahli Pembangun Integritas (PAKSIAPI).

Apel Besar PAKSIAPI ini untuk menguatkan kembali komitmen dan peran serta dalam pencegahan korupsi. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat sinergi antara KPK dengan Paksi dan API yang tersebar di seluruh Indonesia. Serta acara ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 10 Desember 2022 di area Pelataran Gd. KPK Merah Putih Jakarta, pukul 07.00-11.00 WIB.

6. Jalan Santai

Kegiatan jalan santai merupakan ajang yang akan dilaksanakan pada Minggu, 11 Desember 2022. Dengan berkumpulnya keluarga besar KPK di area Plaza Parkir Timur Senayan memiliki tujuan tersendiri. Tujuan tersebut untuk memperkuat soliditas dan silaturahmi sesama pegawai dan keluarga dan seluruh pemangku kepentingan antikorupsi di Indonesia.

BACA JUGA: Lesti Kejora Diejek 'Kayak Pembantu Pulkam' Pas Naik Helikopter Bareng Rudy Salim, Fans Pasang Badan

7. Kegiatan Hiburan dan Pembagian Doorprize

Setelah jalan santai dilakukan kegiatan hiburan dan pembagian doorprize antara pimpinan KPK, keluarga besar pegawai KPK, dan pemangku kepentingan KPK yang hadir hingga acara selesai yaitu dari pukul 06.00-09.00 WIB.

8. Lelang Barang-barang Gratifikasi

Direktorat Jenderal Keuangan Negara Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK menyelenggarakan acara yang pastinya sangat dinanti-nanti oleh kamu dan para masyarakat Indonesia.

Barang yang akan dilelang pada Hakordia 2022 di Ruang Birawa, Menara Bidakara tersebut seperti dari perhiasan, perangkat elektronik, kain tradisional hingga perlengkapan rumah tangga.

Proses pelelangan sebelumnya dimulai melalui lelang elektronik e-auction dan e-konvensional tapi pada Jumat, 9 Desember 2022 15.30 – 17.30 WIB kegiatan lelang ini terbuka bagi dan bisa kamu sakan di Ruang Birawa.

Video yang mungkin kamu lewatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak