Yoursay Class Thank You Myself: Belajar Mengapresiasi Diri dengan Memperbanyak Syukur

Desyta Rina Marta Guritno
Yoursay Class Thank You Myself: Belajar Mengapresiasi Diri dengan Memperbanyak Syukur
Yoursay Class : Thank You, Myself (Yoursay)

Dalam rangka menutup tahun 2022 ini, Yoursay kembali mengadakan event ala anak-anak muda, yang bertajuk Yoursay Class : Thank You, Myself. Event ini diadakan melalui ruang diskusi daring pada Kamis (22/12/2022).

Yoursay Class Thank You, Myself mengajak peserta untuk berterima kasih, mengapresiasi, serta mensyukuri apa yang telah dilakukan oleh diri sendiri selama satu tahun. Tentu dalam waktu satu tahun ini, peserta telah melewati dan menghadapi banyak peristiwa yang patut untuk diapresiasi.

Dalam acara ini, Yoursay yang berkolaborasi dengan Welas Asih, banyak berbincang-bincang tentang betapa pentingnya berterima kasih pada diri sendiri. Dibersamai dengan Psikolog Annisa Risqi Anggunani, M.Psi., atau yang biasa disapa Kak Anggun, peserta tampak antusias.

Sebab acara bukan hanya diwarnai oleh paparan materi, tapi juga terbuka kesempatan selebar-lebarnya untuk melakukan sesi tanya jawab dan berlatih membuat gratitude journal serta apresiasi diri.

Salah satu cara mengapresiasi diri yang disampaikan oleh Kak Anggun adalah dengan memiliki gratitude atau rasa syukur. Rasa syukur ini bisa diwujudkan dengan mengekspresikan rasa terima kasih atau mengapresiasi sesuatu yang berharga serta bermakna dari diri kita.

Kenapa kita harus memiliki rasa syukur? Sebab, syukur menarik banyak hal positif untuk kehidupan manusia.

"Gratitude bisa mendorong individu ke sisi-sisi positif dalam kehidupan, sehingga individu bisa lebih fokus pada apa yang mereka punya, memunculkan motivasi internal, serta kesadaran akan masa kini bukan fokus ke masa depan, berandai-andai, atau menyesali masa lalu," jelas Kak Anggun.

Lalu bentuk rasa syukur seperti apa sih yang bisa kita lakukan? Ada macam-macam cara orang mewujudkan rasa syukurnya, di antaranya dengan melakukan self-care, mengapresiasi orang lain, memperhatikan lingkungan, serta berdoa.

Yoursay Class : Thank You, Myself (Yoursay)
Yoursay Class : Thank You, Myself (Yoursay)

Bagi beberapa orang, mengapresiasi diri mungkin masih sukar untuk dilakukan, lebih tepatnya tidak tahu seperti apa cara melakukannya. Di sini Kak Anggun juga memberikan tips and trick agar peserta bisa melakukan apresiasi diri, di antaranya:

  1. Memberi waktu pada diri sendiri untuk membiasakan diri dengan pikiran dan segala sesuatu yang positif
  2. Membuat gratitude journal berisi daftar hal-hal yang patut kita apresiasi dan syukuri dari diri kita dalam satu hari atau kurun waktu tertentu
  3. Menulis pesan-pesan positif saat sedang merasa bahagia, lalu dimasukkan ke dalam gratitude jar. Tulisan-tulisan ini nantinya bisa dibaca ketika sedang membutuhkan dorongan motivasi
  4. Membuat note berisi afirmasi positif untuk diri sendiri, misalnya kamu hebat, kamu bisa melakukan hal hebat hari ini
  5. Melakukan meditasi
  6. Ikut kegiatan volunteer atau relawan

Dengan berterima kasih, mengapresiasi, serta bersyukur dengan apa adanya diri sendiri, kita akan lebih mudah mengendalikan insecurity atau overthinking yang sering datang. Jadi, sudahkah kamu berterima kasih pada diri sendiri hari ini?

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak