alexametrics

Pentingkah Image Suatu Brand bagi Perusahaan?

Raden Roro
Pentingkah Image Suatu Brand bagi Perusahaan?
Ilustrasi Brand Image

Siapa yang tidak kenal dengan kata image dalam marketing? Image di sini akan membuat perusahaan untuk bisa memenuhi kebutuhan psikologis dan sosial dari seorang konsumen. Selain itu, image bisa didefinisikan juga sebagai sesuatu yang ataupun tidak berwujud, seperti packaging dan perasaan.

Ada beberapa faktor yang bisa membuat image suatu brand terbentuk dan menarik perhatian konsumen, yaitu:

1. Membuat Beberapa Segmentasi

Sebuah produk dikatakan mempunyai image yang baik apabila produknya terbagi ke dalam beberapa segmen, seperti: jenis kelamin (pria atau wanita), usia (anak-anak, remaja, dewasa, atau lansia), ras (penyesuaian produk dengan tone kulit konsumen), pendapatan (rendah, menengah, atau menengah ke atas), serta bisa menunjang hobi, karir, dan kehidupan bersosialisasi suatu individu

2. Mempunyai Store (Offline atau Online)

Ketika konsumen mengunjungi Offline Store, usahakan kenyamanan pada store tersebut bisa membuat konsumen bertahan lama dalam memilih produknya untuk bisa mendapatkan barang impian mereka.

Libatkan perasaan dari seorang konsumen entah menggunakan lagu, penerangan lampu, atau tata letak lokasi suatu barang. Kategorikan barang-barang ke beberapa section agar mudah untuk ditemui. Tidak hanya Offline Store, Online Store juga harus diperhatikan.

Online Store sangat membantu konsumen yang ingin berbelanja tapi tidak dapat meluangkan waktunya atau bahkan dengan alasan malas.

Maka dari itu, buatlah website yang user friendly agar mudah untuk diakses dan tidak membingungkan, berikan deskripsi dari suatu produk dengan detail, berikanlah foto produk yang jelas, rapih, dan tidak berbeda jauh dari bentuk aslinya agar meminimalisir kekecawaan konsumen.

3. Implementasikan Design yang Unik pada Kemasan Produk

Sadar tidak sadar, pengemasan suatu barang juga akan memengaruhi niat pembelian konsumen. Bayangkan saja ketika kita memberikan packaging yang mudah robek, susah untuk dibuka, tidak hemat tempat, otomatis konsumen akan kecewa dan memilih untuk tidak membeli produk tersebut.

Sebelum membuat produk, kita bisa berkonsultasi dulu pada ahlinya berkaitan pengemasan yang unik tapi simple dan tidak mengecawakan konsumen.

4. Iklan Adalah Kunci

Siapa yang di sini membeli barang setelah melihat iklan? Tentu saja, masih banyak konsumen yang dapat terpengaruhi oleh iklan. Maka dari itu, tunjukkan bahwa produk kita akan berguna bagi konsumen melalui iklan.

Iklan bisa menunjukkan suasana ceria, semangat, rindu, penghilang sakit, manfaat menggunakan produk tersebut dan lain-lain. Buatlah iklan sekreatif mungkin dengan alur yang mudah dipahami dan pembawaan narasi iklan yang bisa ditangkap oleh konsumen dengan cepat.

5. Sample untuk Pembuktian

Mengapa sample? Buktikan bahwa barang kita memang memiliki kualitas yang bersaing, kita bisa menggunakan sample untuk dicoba oleh konsumen terlebih dahulu. Jika konsumen merasa cocok, maka mereka bisa langsung membelinya dan jika tidak, maka konsumen berhak menolaknya.

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa Image suatu brand sangatlah penting bagi perusahaan apalagi jika kita sudah mengetahui beberapa macam manfaatnya seperti yang akan saya sebutkan di bawah ini:

1. Konsumen akan mempunyai first impression yang positif dan percaya terhadap produk atau service yang ditawarkan

2. Image yang konsisten membuat produk kita diakui secara baik oleh konsumen

3. Ketika kita mempunyai Image yang baik, maka konsumen dengan mudah membedakan keunggulan dari produk kita dengan produk dari kompetitor

4. Image yang baik akan membuat kredibilitas produk kita meningkat dan konsumen bisa menjadi loyal.

5. Ketika produk kita sudah dikenal baik karena image tersebut, maka konsumen akan langsung tertuju pada produk kita ketika konsumen membutuhkan barang yang diperlukan, karena brand kita sudah melekat pada pikiran konsumen. Hal ini akan membuat perusahaan mendapatkan profit yang cepat.

Penulis berharap kepada siapapun yang telah membaca artikel ini akan bertambah pengetahuannya berkaitan denganp pentingnya mengembangkan suatu image pada brand.

Disusun oleh: Raden Roro Ailsa Shafira Maheswari, Mahasiswi Universitas Jendral Soedirman, Jurusan Manajemen

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak