facebook

The Naked Traveler, Buku Referensi untuk Para Travel Blogger

Yudi
The Naked Traveler, Buku Referensi untuk Para Travel Blogger
Buku The Naked Traveler (Dok. Pribadi/Yudi Rahmatullah)

The Naked Traveler adalah sebuah serial buku perjalanan yang ditulis oleh Trinity, seorang travel blogger wanita Indonesia. Buku ini menceritakan tentang pengalaman perjalanan wisatanya saat mengunjungi berbagai tempat wisata di Indonesia dan mancanegara.

Bermula dari Trinity yang menamai dirinya sebagai si "Nekad Traveler" untuk lebih mempresentasikan dirinya yang cukup nekat, mandiri, dan berani melakukan perjalanannya seorang diri. Kemudian memplesetkan sebutan tersebut menjadi judul buku "The Naked Traveler." Akhirnya, buku ini menarik minat pembaca, terutama bagi siapa saja yang suka traveling dan menulis blog.

Berawal dari Sebuah Blog
Pada awalnya, Trinity hanya menuliskan cerita-cerita perjalanan wisatanya di sebuah blog pribadinya. Lama-lama, ternyata tulisannya banyak dibaca orang dan mempunyai banyak penggemar.

Banyak yang menyarankan untuk membukukan cerita-cerita tersebut agar semakin banyak orang yang membacanya. Akhirnya muncullah ide untuk mencetaknya menjadi sebuah buku, yaitu The Naked Traveler.

Di bukunya, ia menuliskan hal-hal menarik dari suatu tempat wisata, transportasi apa yang digunakan, dan tip-tip dalam perjalanan. Ia juga tidak ragu untuk menuliskan pengalaman suka dukanya selama berjalan-jalan ke berbagai kota dan daerah pelosok, dan menceritakan baik buruknya jika datang ke suatu negara.

Gaya Bahasanya Simpel dan Lucu
Saya pribadi, yang membuat saya tertarik untuk membaca buku The Naked Traveler adalah karena bahasanya simpel dan mudah dipahami. Saya tidak terlalu kesulitan untuk mencerna setiap kalimatnya yang langsung kepada inti pembahasan dan tidak bertele-tele.

Tulisannya mengalir begitu saja. Menceritakan segala hal yang Trinity tahu dan menurutnya penting untuk disampaikan. Terkadang saking asyiknya membaca, saya tidak sadar telah membacanya sampai berhalaman-halaman.

Ia  juga sering menyelipkan kata-kata lucu di setiap ceritanya. Hal ini membuat suasana membaca menjadi lebih segar dan menghibur. Jadi, kita tidak akan merasa bosan untuk membacanya berlama-lama.

Buku Rangkuman Perjalanan
Penulis buku buku The Naked Traveler mempunyai pengalaman ber-traveling yang sangat luar biasa dan patut diacungi jempol. Ia telah mengunjungi berbagai provinsi di Indonesia dan 89 negara di dunia.

The Naked Traveler sendiri telah di dicetak sampai seri ke delapan. Nah, buku ini merupakan buku rangkuman perjalanannya saat traveling keliling Indonesia dan dunia. Jadi, tidak hanya membahas satu provinsi saja di Indonesia atau satu negara secara khusus. Tapi, terkadang membahas semua tempat dan negara dalam satu tema pembahasan. 

Misalnya, jika sedang membahas keindahan suatu pulau. Trinity akan menceritakan dan membandingkannya dengan seluruh pulau yang telah ia kunjungi, baik di Indonesia maupun mancanegara.

Menjadi Buku Referensi Travel Blogger
Menurut saya, siapa pun yang suka menulis, ia juga harus menyisihkan waktu untuk membaca. Hal ini untuk menambah kosakata, mendapatkan ide menulis, dan bagaimana kita dapat menyusun paragraf secara teratur.

Dan, buku ini bisa dijadikan contoh atau referensi untuk kita agar dapat menyampaikan pengalaman traveling dengan menarik. Bagaimana kita menggunakan gaya bahasa yang santai dalam menggambarkan suatu tempat agar orang-orang merasa tertarik dan membaca terus tulisan kita.

Tulisannya juga informatif. Jadi, ada banyak manfaat dan ilmu pengetahuan yang didapat ketika membacanya. Kita menjadi semakin tahu hal-hal yang baru dan perkembangan dunia traveling di seluruh dunia.

Nah, itulah beberapa hal menarik yang ada di buku The Naked Traveler karya Trinity. Bukunya bisa dijadikan sebuah referensi untuk siapa saja yang suka menulis di blog dan berencana untuk traveling mengelilingi Indonesia bahkan traveling sampai ke penjuru dunia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak