alexametrics

5 Tempat Wisata Alam Kekinian di Sumedang

Nurita
5 Tempat Wisata Alam Kekinian di Sumedang
Ilustrasi wisata alam. (Sumber: Shutterstock)

Bendungan Jatigede adalah bendungan yang terletak di wilayah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Bendungan ini terbilang cukup luas, hingga pembangunanya harus menggusur tempat tinggal warga setempat.

Sedikitnya ada 28 Desa dari 5 Kecamatan yang telah digusur untuk pembangunan. Memang, terdapat kisah pilu di balik pembangunan bendungan ini, salah satu nya harus merelakan kampung halaman mereka tergenang oleh luapan air.

Namun, dampak dari pembangunan Bendungan Jatigede ini memiliki banyak manfaat baik bagi masayarakat ataupun pemerintah. Fungsi utama dari bendungan ini adalah sebagai sarana irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Selain itu, bendungan ini juga sebagai sarana budidaya perikanan air tawar, sarana olahraga air, tempat rekreasi dan lain sebagainya. Beberapa warga telah beralih profesi dari petani menjadi nelayan.

Akibat lahan pertanian ikut digusur, menjadi nelayan adalah pengganti profesi mereka.

Karena lokasi yang menarik, pemerintah dan masyarakat setempat telah membuat sarana rekreasi agar mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Dari sekian manfaat adanya bendungan ini, penulis ingin membagikan informasi mengenai destinasi wisata alam yang terdapat di sekitar bendungan Jatigede ini, berikut daftarnya:

1. Jalan Lingkar Timur Jatigede

Lingkar Timur Jatigede (by @inimahsumedang)
Lingkar Timur Jatigede (by @inimahsumedang) 

Jalan Lingkar Timur merupakan jalan nasional pengganti jalan Jatigede-Wado yang terendam bendungan Jatigede, sekitar 18 km jalan Lingkar Timur. Jalan ini menghubungkan tiga kecamatan yaitu Kecamatan Jatigede, Kecamatan Jatinunggal, dan Kecamatan Wado.

Adanya pembangunan jalan ini membuat desa yang tadinya terpencil bisa saling terhubung.

Sepanjang jalan Lingkar Timur, Anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu cantik, hamparan air Bendungan Jatigede, dikelilingi gunung dan bukit yang hijau.

Tidak lupa, terdapat pula warung-warung atau rest area sekitar jalan ini. Sambil menikmati pemandangan Anda bisa mampir di warung-warung tersebut.

2. Objek Wisata Puncak Damar

Wisata Alam Puncak Damar (by Data Wisata)
Puncak Damar (by Data Wisata)

Lokasi objek wisata yang indah ini berada di Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Masih sekitar Bendungan Jatigede, yang menawarkan keindahan hamparan air memanjakan mata.

Bagi kawan-kawan yang ingin berlibur dari rutinitas kota membuat jenuh, kota Sumedang menawarkan destinasi wisata alam yang mampu menyegarkan pikiran dan mata.

Keindahan jajaran gunung yang hijau serta birunya air yang menggenang mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung.

Harga tiketnya sendiri berkisar Rp 15.000. Meskipun Puncak Damar ini termasuk tempat wisata terbaru di Sumedang, tetapi untuk sarana-prasarana telah cukup memadai seperti toilet, musala, dan warung-warung kecil yang menjajakan makanan.

3. Bukit Pangupukan Camp Jatigede

Wisata Alam Bukit Pangupukan Camp (by @sitirrrr)
Bukit Pangupukan Camp (by @sitirrrr)

Bukit Pangupukan Camp adalah objek wisata yang masih baru. Objek wisata ini menyediakan tempat untuk berkemah dengan pemandangan hamparan air bendungan Jatigede.

Bagi kawan yang suka camping, tak perlu jauh-jauh ke luar kota atau luar daerah, cukup datang ke objek wisata yang satu ini karena lokasinya pun ditempat dataran rendah jadi tak perlu mendaki.

Bukit Pangupukan Camp berlokasi masih di area Desa Karangpakuan Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang. Ada 2 akses untuk ke lokasi ini:

Jalur darat: Masuk Gang Corenda - Cigintung - Cisema - Finish
Jalur air: Masuk Gang Cinawing - Ancol - Naik Perahu - Treking ke Pangangonan - Finish

Dan untuk fasilitas terdiri dari:
- Lahan Camping Luas
- Spot Poto
- Sewa Tenda
- Kopi Classic

Objek wisata yang satu ini sangat cocok bagi para traveler untuk dikunjungi, selain bisa menikmati hamparan air bendungan Jatigede, bila cuaca sedang cerah pada sorenya, kalian bisa menikmati indahnya lembayung senja yang alam suguhkan.

4. Tanjung Duriat Jatigede

Wisata Alam Tanjung Duriat (by LiburanYuk)
Tanjung Duriat (by LiburanYuk)

Objek wisata selanjutnya adalah Tanjung Duriat yang lokasinya masih sekitar Bendungan Jatigede. Sama seperti objek wisata lainnya, tempat ini juga menawarkan pemandangan hamparan air yang cantik dan memanjakan mata, serta dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau.

Lokasi wisata Tanjung Duriat ada di Desa Pajagan, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata in,  Anda harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Pasalnya jalan yang menuju ke Tanjung Duriat masih berupa tanah dan banyak bebatuan sepanjang jalan.

Rute menuju lokasi bisa menggunakan jalur Situraja – Pajagan ataupun melewati jalur Tomo – Jatigede. Akses dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua.

Namun, tak usah khawatir sebab sepanjang jalan Anda akan disuguhkan rindangnya pepohonan dan sejuknya alam sekitar. Fasilitas penunjang lainnya pun tersedia, seperti pusat kuliner, gazebo, toilet, musala, hingga area parkir yang cukup luas. Dan untuk harga tiket masuknya Rp 15.000.

5. Panenjoan Jatigede

Wisata Alam Panenjoan (by Sumedang Tandang)
Panenjoan Jatigede (by Sumedang Tandang)

Objek wisata Panenjoan berada di ketinggian, jadi wajar jika pemandangan yang disuguhkan di sini begitu indahnya. Dari ketinggian lokasi wisata ini kita bisa melihat dengan jelas Bendungan Jatigede.

Hamparan air yang luas, dikelilingi bukit dan gunung yang hijau serta pemandangan pulau-pulau kecil yang tergenang menambah estetiknya lokasi wisata yang satu ini.

Lokasi Panenjoan berada di Pajagan, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Terdapat fasilitas rumah makan dan tempat penyewaan perahu untuk berkeliling sekitar danau. Sepengetahuan penulis, untuk lokasi objek wisata yang ini tidak ada HTM-nya, hanya dikenakan biaya parkir saja.

Nah, bagaimana kawan udah gak bingung lagi kan kalau ke Sumedang dan tepatnya ke Jatigede harus ke mana aja? Wisata ciamik yang murah namun juga meriah.

Eh tapi sabar dulu kawan, tunggu sampai PPKM selesai dulu ya. Menurut informasi, Provinsi Jawa Barat juga menerapkan PPKM guna mencegah penularan virus Covid-19.

Akhir kata, yuk kunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya dan jangan lupa kemana pun kawan pergi tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah ya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak