alexametrics

Dianggap Teroris, Berikut 5 Fakta Menarik Hizbullah

Zidan
Dianggap Teroris, Berikut 5 Fakta Menarik Hizbullah
Ilustrasi Bendera Hizbullah. (istockphoto.com/shmooj)

Hizbullah merupakan gerakan jihad beraliran Syiah yang mempunyai aliran politik dan militer yang tumbuh besar dengan cepat di kancah dunia internasional, khususnya Timur Tengah.

Ia mampu tampil sebagai aktor non-negara yang kian disegani dan diperhitungkan berkat kemampuannya mengelola gerakan berideologi jihad yang militan dalam sebuah masyarakat yang pluralistik.

Lalu apa saja fakta menarik dari Hizbullah? Dilansir dari Reuters, berikut kami rangkum 5 fakta menarik Hizbullah. 

1. Dibentuk untuk melawan okupasi Israel di Lebanon

Hizbullah yang berarti partai Allah dalam bahasa Arab merupakan Gerakan yang terbentuk karena adanya invasi Israel di Lebanon pada tahun 1978. Dalam invasi itu Israel berhasil menguasai sejumlah titik di Lebanon dari perbatasan Lebanon selatan hingga Beirut.

Saat itu Hizbullah masih merupakan gerakan kecil yang baru terbentuk bernama Batalion Perlawanan Lebanon atau dalam bahasa arab disebut Afwaj Al-Muqawah Al-Lubnaniyyah, disingkat AMAL. Kehadirannya di Lebanon selatan saat itu untuk mengusir Israel menjadi lahan subur untuk perkembangan gerakan ini selanjutnya.

2. Gerakan yang beraliran Syiah

Hizbullah merupakan gerakan politik dan sebuah tentara gerilya yang dibentuk oleh masyarakat Syiah Lebanon. Pada masa-masa awal sebelum invasi Israel di Lebanon, masyarakat Syiah merupakan masyarakat yang terpinggirkan dari dua sekte yaitu Islam Sunni dan Kristen Maronit saat itu. Marginalisasi syiah merupakan hasil dari pembagian kekuasaan yang dibentuk melalui pakta nasional tahun 1948.

Kalangan Syiah yang saat itu populasinya semakin bertambah dan menjadi sekte terbesar merasa kurang terwakili oleh hegemoni Kristen Maronit. Perubahan demografis ini kemudian menyebabkan keinginan komunitas Syiah untuk meraih representasi yang adil. Mereka pun mendirikan institusi-institusi yang bisa mendukung representasi mereka dalam marginalisasi sosial, politik, dan ekonomi. Puncaknya terjadi pada saat terjadinya invasi Israel untuk pertama kalinya di wilayah Lebanon selatan.

3. Melakukan bom bunuh diri terhadap markas Marinis AS

Kelompok yang masih terkait dengan Hizbullah melancarkan serangan bunuh diri terhadap sasaran Barat dan menyandera orang Barat di Beirut pada 1980-an. Serangan paling spektakuler adalah bom bunuh diri yang menghancurkan markas Marinir AS di Beirut pada Oktober 1983 yang menewaskan 241 tentara. 

Dilansir dari Tehranbureau, serangan itu merupakan akibat dari kemarahan Muslim Lebanon khususnya kaum Syiah terhadap Amerika Serikat dan Prancis.  Muslim Lebanon memandang pasukan AS dan Prancis bukan sebagai penjaga perdamaian dalam perang saudara Lebanon, tetapi hanya sebagai faksi dalam perang saudara yang mendukung orang-orang Kristen Maronit.

4. Memiliki saluran televisi dan radio sendiri

Hizbullah dalam mendukung gerakannya mendirikan beberapa media seperti kanal televisi Al-Manar dan radio An-Nour. Al-manar memancarkan sinyal pertamanya pada 3 Juni 1991.

Tak seperti media propaganda lainnya, Al-Manar tidak hanya menyajikan program tertentu saja namun mencakup berbagai hal seperti hiburan dan berita. Al-Manar telah menjadi bagian integral dari rencana Hizbullah untuk menjangkau seluruh dunia Arab dan Muslim bahkan seluruh dunia.

5. Milisi yang paling dominan di Lebanon

Sejauh ini Hizbullah merupakan gerakan militer yang paling dominan di Lebanon yang bahkan lebih kuat dibanding faksi militer lain dan tentara Lebanon. Bisa dikatakan bahwa senjata yang dimilikinya sangat menentukan untuk pertahanan Lebanon dari Israel dan sangat dipertimbangkan untuk digunakan sebagai bagian dari pertahanan negara.

Sejak lama Hizbullah mengatakan bahwa senjatanya hanya digunakan untuk menjaga keamanan dari ancaman Israel. Namun pemimpinnya, Sayyid Hassan Nasrallah, pada 8 Mei mengatakan di depan umum untuk pertama kalinya bahwa kelompok itu juga siap menggunakan senjatanya untuk keamanan dalam negeri.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai Hizbullah. Jadi, bagaimana menurut kamu tentang gerakan Hizbullah ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak