alexametrics

Tampil Gaya Sembari Melestarikan Budaya dengan Borneo Textile Sasirangan

Rizky Melinda Sari
Tampil Gaya Sembari Melestarikan Budaya dengan Borneo Textile Sasirangan
Kain Sasirangan Motif Kangkung Kaumbakan Baintan (borneo.textile)

Sasirangan merupakan salah satu jenis batik yang berasal dari Kalimantan Selatan. Kata sasirangan sendiri berasal dari kata sirang (bahasa Banjar) yang berarti menjelujur. Sasirangan dibuat dengan teknik menjelujur kain polos dengan pola-pola tertentu, kemudian diwarnai dengan pewarnaan yang sesuai.

Awalnya sasirangan diyakini dapat mengobati penyakit, terkait dengan kepercayaan pada roh-roh di zaman kerjaan dulu, sehingga pembuatan serta penggunaan sasirangan sangat terbatas.

Berkat perkembangan ilmu pengetahuan serta tekonologi dan majunya peradaban, sasirangan tidak lagi dipandang sebagai benda yang berhubungan dengan kepercayaan zaman dulu.

Kini, sasirangan dijadikan sebagai salah satu pakaian seragam yang wajib dipakai di beberapa sekolah negeri di Kalimantan Selatan, baik oleh siswa-siswi maupun oleh para guru. Sasirangan juga dapat dijadikan pilihan untuk tampil di acara-acara besar, seperti pesta, rapat, atau acara-acara lainnya. 

Borneo Textile Sasirangan: Sasirangan Authentic Culture of South Kalimantan

Banyak pilihan motif yang tersedia. dengan beragam corak serta filosofi yang berbeda-beda, tetapi kaya akan kearifan lokal. Borneo Textile Sasirangan: Sasirangan Authentic Culture of South Kalimantan adalah salah satu UMKM yang bergerak di bidang pembuatan Sasirangan di Kalimantan Selatan, tepatnya di Martapura Kabupaten Banjar.

Muhammad Yusuf, pemuda sekaligus owner usaha ini, berkata bahwa melalui Borneo Textile Sasirangan, diharapkan para pengrajin sasirangan dapat terus menghasilkan produk dan tetap bersaing di kala kondisi ekonomi yang kurang stabil pada masa pandemi ini.

Ia juga berharap, melalui produk ini, sasirangan dapat semakin dikenal dan mampu dilestarikan dalam dunia fashion. Motto dari produk ini adalah Pemuda Lestari Budaya, Make it better UMKM Pengrajin. 

Beragam Motif Tersedia

Beberapa contoh motif sasirangan antara lain Motif Hiris Gagatas Intan Mancilang, Motif Kangkung Kaumbakan, Motif Intan Abstrak, Motif Kambang Kastela, Motif Kambang Gigi Haruan, Motif Turun Dayang, dan motif-motif lainnya, dengan ciri khas masing-masing. 

Kelebihan Borneo Textile Sasirangan

Kelebihan produk Borneo Textile Sasirangan adalah proses pembuatannya yang 100 persen homemade atau buatan tangan, serta menggunakan pewarna alami, sehingga tidak akan mudah luntur.

Proses pewarnaan juga melewati  3 kali proses, sehingga membuat produk ini semakin berkualitas. Berbeda dengan produk sasirangan lainnya yang dijual di pasaran yang menggunakan pewarna sintesis, sehingga sangat mudah pudar. 

Kain dasar yang digunakan pada sasirangan ini adalah kain katun satin mixed, sehingga kualitasnya terjamin. Konsumen juga dapat request warna, motif, ukuran, dan tambahan bordir dengan penyesuaian harga.

Jika masih bingung menentukan motif dan ukuran, produk ini juga menawarkan jasa konsultasi fashion dan tips menjaga kain melalui kontak yang ada di unggahan instagram @borneo.textile. 

Bagaimana cara membeli Borneo Textile Sasirangan?

Bagi kalian yang berminat tampil gaya sembari melestarikan budaya, bisa mengunjungi alamat Borneo Textile Sasirangan di Jalan Martapura Lama, Desa Teluk Selong, No, 009 RT. 01 RW. 00, Martapura, 70651.

Pemesanan dapat melalui direct messenge instagram ataupun via WhatsApp ke nomor yang tertera di akun instagram @borneo.textile. Kalian juga bisa bertanya-tanya terlebih dulu mengenai produk melalui email borneotextile9@gmail.com.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk ini, kalian bisa menghubungi kontak nomor telepon yang terdapat di bio instagram @borneo.textile. Borneo Textile Sasirangan bisa dipesan dan siap dikirim ke seluruh Indonesia!

Sebagai salah satu warisan budaya dan identitas daerah, sudah sepantasnya kita ikut berkontribusi dalam melestarikan kekayaan budaya tersebut dengan membeli produk yang asli dan tidak tergiur dengan harga miring namun tidak asli dan buatan tiruan.

Sekarang saatnya tampil bergaya sembari melestarikan budaya bersama Borneo Textile Sasirangan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak