alexametrics

Nggak Kalah Seru! Ini 3 Museum di Jawa Barat yang Bisa Dikunjungi secara Virtual

Qomariah Dianti
Nggak Kalah Seru! Ini 3 Museum di Jawa Barat yang Bisa Dikunjungi secara Virtual
Ilustrasi virtual tour. [Shutterstock]

Virtual tour menjadi satu hal yang populer di masa pandemi saat ini. Beberapa tempat wisata kini bisa dikunjungi secara virtual tanpa harus datang langsung ke lokasi. Sehingga kamu tetap bisa berwisata dengan aman tanpa perlu keluar rumah.

Seperti yang ada di beberapa museum di Jawa Barat. Museum-museum tersebut bisa kamu kunjungi hanya dengan bermodal kuota internet dan gadget saja. Bagi kamu yang ingin mencoba berkunjung, berikut beberapa rekomendasinya.

1. Museum Kepresidenan RI Balai Kirti

Museum pertama ini letaknya berada di kawasan Istana Kepresidenan Bogor. Bagi kamu yang tertarik mencoba virtual tour ke Museum Kepresidenan RI Balai Kirti ini, kamu bisa mengaksesnya di museumkepresidenan.indonesiaheritage.org

Di sana kamu bakal diajak menjelajahi setiap bagian museum, mulai dari bagian luar hingga bagian dalam semua bisa kamu jelajahi. Selain itu, kamu juga bisa melihat koleksi benda pribadi milik para Presiden RI seperti foto-foto, dokumen, tanda bintang, memorabilia, dan buku-buku. Virtual tour ini terasa seperti nyata berkat adanya audio visual yang mendukung.

2. Museum Konferensi Asia Afrika

Selanjutnya, ada Museum Konferensi Asia Afrika yang berada di Kota Bandung. Kamu bisa mengaksesnya di museumkaa.iheritage.id untuk merasakan virtual tour berkeliling Museum Konferensi Asia Afrika.

Selain bisa berkeliling kawasan museum, kamu juga akan mendapatkan informasi penjelasan mengenai Museum Konferensi Asia Afrika dan melihat beberapa koleksi yang disimpan di museum. Bagi kamu yang ingin belajar lebih lanjut mengenai sejarah peristiwa Konferensi Asia Afrika di tahun 1955, kamu bisa mengikuti virtual tour ini.

3. Museum Sri Baduga

Masih di daerah Bandung, kamu bisa melanjutkan jalan-jalanmu dengan berkeliling Museum Sri Baduga secara virtual melalui museumsribaduga.iheritage.id, seperti dua museum sebelumnya, di Museum Sri Baduga ini kamu juga bisa berkeliling kawasan museum.

Kamu bisa melihat koleksi benda bersejarah yang disimpan di museum, seperti koleksi Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika/Heraldika, Filologika, Keramik, Seni Rupa, dan Teknologi. Jumlah koleksi Etnografika termasuk yang paling banyak jika dibandingkan dengan koleksi yang lain. Koleksi tersebut berhubungan dengan benda budaya daerah.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi museum di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi secara virtual. Selamat berkunjung!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak