facebook

Melihat Indahnya Pelangi di Air Terjun Pelangi Bandung

Yudi Rahmatullah
Melihat Indahnya Pelangi di Air Terjun Pelangi Bandung
Air Terjun Pelangi (Dok. Pribadi) / Yudi Rahmatullah

Tempat-tempat wisata alam Indonesia seperti tidak ada habisnya untuk dieksplorasi. Tidak hanya pantai, gunung, atau pulaunya, tapi juga air terjunnya yang tidak kalah memesona dan memberikan suasana hijau yang menyegarkan.

Seperti Air Terjun Pelangi yang berada di daerah Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat. Panorama alam air terjun membuat siapa saja yang melihatnya berdecak kagum. Walaupun, butuh perjuangan untuk mencapainya, tapi air terjun ini sangat worth it untuk didatangi. 

1. Wisata alam Bandung Barat

Air Terjun Pelangi (Dok. Pribadi/Yudi Rahmatullah)
Air Terjun Pelangi (Dok. Pribadi) / Yudi Rahmatullah

Air Terjun Pelangi berada di Jalan Kolonel Masruri No. 305, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40551. Sebab, saya memulai perjalanan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dengan menggunakan motor, jadi saya hanya tinggal mengambil arah ke Jalan Sersan Bajuri terus lurus mengikuti jalan sampai ke wisata air terjunnya. Jaraknya kurang lebih 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Jika menggunakan mobil angkutan kota (angkot), dari sekitar Terminal Ledeng, kamu bisa naik angkot jurusan Terminal Parongpong dan berganti angkot lagi dengan Jurusan Padalarang atau naik ojek pangkalan. Dari terminal ini, jaraknya hanya 1,5 kilometer lagi. 

2. Keindahan alam Air Terjun Pelangi

Pepohonan rimbun (Dok. Pribadi/Yudi Rahmatullah
Pepohonan rimbun (Dok. Pribadi) / Yudi Rahmatullah

Namanya wisata air terjun, ya hanya berupa arus air yang mengalir ke luar melalui bebatuan dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Namun, di Air Terjun Pelangi bukan sekadar itu saja, kondisi alam dan kejernihan air juga semakin mendukung indahnya wisata air terjun ini.

Kalau dilihat dari panorama alamnya, Air Terjun Pelangi mempunyai pepohonan rindang yang telah berusia puluhan tahun. Terkesan lebih rimbun dan alami karena jarang tersentuh oleh tangan manusia. Lumut-lumut dan tanaman menjalar memenuhi tebing tanah dan bebatuan. Air terjunnya jadi terlihat seperti dikelilingi oleh permadani hijau.

Airnya mengalir dengan jernih, bersih, dan dingin. Membentuk sebuah aliran sungai dan kolam-kolam air di sekelilingnya. Bebatuan sungai tertata dengan rapi mengikuti arus sungai dan dijadikan tempat duduk di sekitar kolam. 

3. Ada pelangi di Air Terjun Pelangi

Air Terjun Pelangi (Dok. Pribadi/Yudi Rahmatullah)
Air Terjun Pelangi (Dok. Pribadi) / Yudi Rahmatullah

Bukan hanya itu saja, penamaan Air Terjun Pelangi bukan tanpa alasan. Akan tetapi, memang berdasarkan fenomena alam yang sering terjadi di sini. Kalau kamu beruntung, kamu akan melihat indahnya warna-warni pelangi di area air terjun.

Pelangi terjadi karena proses pembiasaan sinar matahari ke titik-titik air terjun. Oleh karena itu, banyak orang yang penasaran untuk melihat keindahan alam ini, ada pelangi di Air Terjun Pelangi. Sayangnya, saat saya berkunjung ke sana, cuaca saat itu sedang berawan. Jadi, saya tidak bisa melihat pelangi di air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 71 meter.

4. Monyet ekor panjang di tempat istirahat

Monyet Ekor Panjang (Dok. Pribadi/Yudi Rahmatullah)
Monyet Ekor Panjang (Dok. Pribadi) / Yudi Rahmatullah

Untuk turun ke Air Terjun Pelangi, kamu tidak harus menyusuri jalan setapak yang bersemak dan licin. Di sini jalannya sudah dibentuk menjadi tangga-tangga dari semen yang kokoh. Ada sekitar 500-an anak tangga yang harus kamu tapaki. Tidak usah takut kelelahan, di beberapa spot sudah sediakan tempat beristirahat dengan view menghadap air terjun.

Lucunya, hampir di setiap tempat istirahat selalu ada saja monyet-monyet ekor panjang yang nangkring di pagar atau di tempat duduk. Menurut saya, boleh saja memberinya makan, asalkan jenis makanannya tidak membahayakan dan sesuai dengan makanan monyet di alam liar. 

5. Fasilitas di area air terjun 

Musala dan tempat makan (Dok. Pribadi/Yudi Rahmatullah)
Musala dan tempat makan (Dok. Pribadi) / Yudi Rahmatullah

Tiket masuk wisata Air Terjun Pelangi sebesar Rp.20.000 untuk usia 12 tahun ke atas. Fasilitas di area air terjunnya sudah cukup memadai; ada musala, tempat ganti baju, dan toilet. Nah, yang paling asyik, ada juga tempat-tempat makan dan sekaligus tempat nongkrong buat kamu yang ingin lebih lama beristirahat dan menikmati suasana alam air terjun. 

Penting untuk diingat, kalau kamu harus menjaga dan melestarikan alam sekitar dengan baik dan bertanggungjawab, yaitu dengan tidak merusak pepohonan, mencorat-coret batu sungai, mengotori air sungai, dan membuang sampah sembarang.

Jadi, kalau kamu sedang traveling ke Bandung, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Pelangi agar kamu bisa melihat indahnya warna-warni pelangi di air terjunnya dan menikmati alam sekitar yang hijau dan sejuk. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak