alexametrics

Ulasan Midnight Mass: Serial Horor Religius Tentang Makna Kematian

Muhammad Hafizh Ramadhan
Ulasan Midnight Mass: Serial Horor Religius Tentang Makna Kematian
Poster Midnight Mass (twitter.com/NetflixGeeked)

Midnight Mass, film ini disutradarai oleh Mike Flanagan yang sebelumnya menggarap film berjudul 'The Haunting of Hill House' (2018) dan 'The Haunting of Bly Manor' (2020). Film horor ini dimulai dengan sebuah kecelakaan tragis pada saat Riley Flynn (Zach Gilford) menewaskan seorang wanita. Ia diketahui membawa mobil dalam keadaan mabuk dan harus dipenjara.

Alur maju 4 tahun kemudian, Riley sudah bisa bebas dan kembali lagi ke kampungnya Crockett Island. Crockett Island adalah sebuah pulau yang dihuni oleh sedikit penduduk dan letaknya sangat terpencil. Mayoritas warga di sana beragama katolik.

Namun ada juga yang beragama Islam yaitu seorang Sheriff bernama Hassan (Rahul Kohli), bersama anaknya yang sering mendapatkan diskriminasi dari seorang yang fanatik terhadap agama bernama Bev Keane (Samantha Sloyan).

Tepat pada saat Riley pulang ke kampungnya, pastor yang bernama Monsignor Pruitt menghilang dan digantikan dengan Paul, seorang pastor muda. Riley dipaksa dengan keluarganya agar ikut berdoa, walaupun dia telah lama tidak berdoa. Pada suatu hari di Crockett Island, badai yang kencang melanda desa itu dan terdapat peristiwa aneh pada malam hari.

Keeseokannya, para warga setempat mendapati banyak kucing yang mati dengan meninggalkan bekas luka pada lehernya. Tapi, mereka belum tahu apa penyebabnya. Riley harus menjalani konseling agar dapat benar-benar bebas, ia pun diberikan konseling dengan Pastor Paul. Riley dan Pastor Paul mempunyai pandangan yang berbeda dalam hal agama selama konseling itu.

Bahkan, ketika Pastor memperlihatkan keajaibannya, Riley tetap tidak percaya begitu saja. Midnight Mass ini bukanlah film horor yang mempunyai banyak jump scare. Alur film ini berjalan dengan lambat, tapi tetap dapat dinikmati. Serial ini mempunyai cerita yang bisa menyentuh di samping ketegangan ceritanya.

Midnight Mass bukan hanya sekedar menunjukkan kisah horor yang menyeramkan, tapi juga isu agama di dalamnya. Ada banyak makna-makna tersirat yang membuat kita tersentuh. Kemudian, dengan menggambarkan sebuah pulau terpencil yang memiliki penduduk yang cukup fanatik terhadap agamanya juga sesuai.

Apalagi, kita akan dibuat kesal terhadap karakter-karakter yang mempunyai pikiran tertutup. Dari keseluruhan kisah dari serial ini, kita bisa mengambil point penting akibat kesalahpahaman seseorang yang fanatik dengan ajaran agamanya membuat hal-hal buruk terjadi.

Di mana seseorang yang fanatik terhadap agama dan merasa bahwa dialah yang paling benar, dengan pemikiran yang sempit sampai menjerumuskan seseorang menjadi sesat dan mengakibatkan bencana terjadi. Bagi kamu yang belum nonton, kamu bisa menonton serial Midnight Mass ini di Netflix.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak