alexametrics

5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Timnas Indonesia vs Myanmar

M. Fuad S. T.
5 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Timnas Indonesia vs Myanmar
Pemain timnas Indonesia berselebrasi (dok. pssi.org)

Timnas Indonesia kembali menuai hasil positif dalam laga uji coba melawan Myanmar. Berlangsung di Emirham Sports Center, Antalya, Turki, skuat Garuda berhasil membungkam perlawanan Myanmar dengan skor cukup telak, 4-1.

Empat pemain Indonesia, yakni Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, dan Ezra Walian, menjadi pembeda pada pertandingan tersebut, dengan sumbangan masing-masing satu golnya. Sementara Myanmar memperkecil kekalahan melalui tandukan Hlaing Bo Bo setelah memanfaatkan skema set piece di menit ke-73.

Terdapat beberapa fakta menarik yang menyelimuti pertandingan antara kedua negara. Ingin tahu? Mari kita bahas bersama!

1. Para Pemain Debutan

Pada laga yang tidak diakui oleh FIFA sebagai pertandingan resmi ini, setidaknya terdapat empat pemain merasakan debut perdana bersama Timnas Indonesia. Alfeandra Dewangga, Marcko Merauje, Ahmad Agung hingga Edo Febriansyah mencatatkan caps pertama mereka bersama dengan timnas Indonesia.

2. Indonesia semakin mendominasi Head-to-Head kedua kesebelasan

Dalam catatan pertemuan kedua negara, Indonesia semakin mendominasi head-to-head atas Myanmar. Disadur dari laman 11v11, dari 17 pertemuan sejak 1996 lalu, Indonesia kini mencatatkan 9 kali kemenangan. Angka itu berbanding 5 kemenangan milik Myanmar. Sementara 3 pertandingan lainnya berakhir dengan skor imbang.

3.  Efektifitas Permainan Timnas Indonesia Meningkat

Pada laga uji coba ini, fektifitas permainan yang ditunjukkan oleh timnas Indonesia mengalami peningkatan cukup signifikan. Di menit-menit awal laga, capaian efektifitas permainan skuat garuda ini bahkan menyentuh angka 75 persen, di mana mereka mampu menyarangkan 3 gol dari 4 peluang yang didapatkan.

4. Gol Ezra Walian

Meski bertajuk uji coba tak resmi, tetapi laga melawan Myanmar menjadi momen manis tersendiri bagi seorang Ezra Walian. Pemain yang kini memperkuat Persib Bandung tersebut mampu membuka keran golnya bagi skuat Garuda pada menit ke-55, melalui titik penalti. Ini menjadi gol perdana bagi Ezra di level senior semenjak dirinya memperkuat timnas Indonesia.

5. Myanmar adalah Lawan Favorit Bagi Irfan Jaya

Myanmar tampaknya menjadi 'lawan favorit' bagi seorang Irfan Jaya. Menghadapi Myanmar, Irfan Jaya berhasil menunjukkan performa terbaik. Liukan dan sentuhan bolanya mampu berkali-kali mengecoh pemain lawan bahkan membuat mereka bermain kasar.

Dengan tambahan satu gol di laga tersebut, Irfan Jaya kini mengoleksi 3 gol ke gawang Myanmar selama dirinya memperkuat Timnas Indonesia. 

Nah, itulah 5 fakta menarik yang menyelimuti pertarungan Indonesia vs Myanmar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak