alexametrics

Losmen Bu Broto: Ketika None Jakarta Berperan sebagai Nyonya Jawa Tulen

M. Fuad S. T.
Losmen Bu Broto: Ketika None Jakarta Berperan sebagai Nyonya Jawa Tulen
Sinopsis Losmen Bu Broto. (Instagram/@losmenbubroto)

Masih ingat dengan TV seri legendaris tahun 1980-an yang berjudul Losmen Bu Broto? Sinetron yang menjadi favorit masyarakat Indonesia di medio tahun 80-an tersebut kini ternyata sudah diangkat menjadi sebuah film oleh Ideosource Entertainment, Paragon Pictures dan juga Fourcolours Films lho.

Bahkan, di laman situs review film terkemuka, IMDb, film berjudul Losmen Bu Broto yang identik dengan TV seri-nya, sudah rilis pada awal bulan November 2021 ini.

Secara tema, film ini mengambil garis besar cerita yang sama dengan yang ditayangkan di serial televisi. Film ini mengisahkan tentang Bu Broto yang memiliki usaha Losmen di Yogyakarta. Ia menyediakan sarapan dan penginapan bagi para tamu tentunya.

Bu Broto merupakan sosok yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kebudayaan Jawa dalam menyikapi setiap konflik atau permasalahan, termasuk saat melakukan interaksi dengan orang-orang di lingkungannya.

Keunggulan film ini tentu saja karena pemecahan setiap masalah yang muncul, selalu berpedoman pada adat istiadat, dan keluhuran nilai-nilai budaya. Maka tak jarang, dalam pemecahan masalah yang timbul, nilai-nilai filosofis kerap kali menjadi penghias. Hal itu bisa mengubah sudut pandang para penonton yang mainstream dengan keadaan dunia modern saat ini.

Keunggulan lain dari film berdurasi 1 jam 49 menit ini adalah, pemilihan sosok Maudy Koesnaedi sebagai pemeran Bu Broto, tokoh sentral pada film ini. Bagaimana tidak, seperti yang kita ketahui bersama, Maudy Koesnaedi merupakan artis jebolan Abang None Jakarta pada tahun 1993 lalu,

Sebagai jebolan abang none, Maudy Koesnadi kental dengan dengan tradisi Betawi, lewat perannya sebagai sosok Zaenab dalam serial televisi maupun film Si Doel. Namun, di film ini, dirinya mampu memerankan tokoh Bu Broto dengan sangat baik, dan penuh dengan penghayatan.

Memang, sebagai salah satu artis yang memliki jam terbang tinggi di dunia entertainment Indonesia, akting dan penjiwaan seorang Maudy Koesnaedi tidak perlu diragukan lagi. Terlepas dari perannya terdahulu, ia sukses memerankan tokoh wanita Jawa.

Film yang rilis pada 11 November 2021 ini secara umum layak untuk menjadi tontonan keluarga. Sebab, tak ada unsur implisit ataupun eksplisit yang layak untuk dibatasi.

Untuk rating sendiri, film Losmen Bu Broto ini mendapatkan rating yang sangat baik, yakni 8,2/10 dari laman IMDb. Sebuah rating yang memang layak didapatkan bagi film dengan penggarapan sangat serius seperti ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak