alexametrics

Otentik dan Kaya Akan Rempah, 5 Makanan India Ini Wajib Kamu Coba!

Desyta Rina Marta Guritno
Otentik dan Kaya Akan Rempah, 5 Makanan India Ini Wajib Kamu Coba!
Ilustrasi Nasi Biryani (Pixabay)

Siapa di sini yang suka nonton film India atau bollywood? Atau nonton video makan orang India dengan porsi jumbo?  Baik di film, serial, atau konten video orang India, kita pasti sering menemukan berbagai macam olahan khas India yang terlihat menggugah selera.

Jika dilihat dari warna dan penyajiannya, makanan India tampak mengandung berbagai jenis rempah-rempah, sehingga menghasilkan warna yang sangat pekat. India memiliki beragam jenis masakan yang otentik yang penggemarnya tidak sedikit, karena tingginya antusias itu saat ini ada banyak rumah makan atau restoran yang menyediakan makanan khas India. Berikut makanan khas India yang otentik dan kaya akan rempah-rempah.

1.     Nasi Biryani

Nasi Biryani (Pixabay/AhaaRuchi)
Nasi Biryani (Pixabay) / AhaaRuchi

Nasi biryani adalah sebuah hidangan yang terbuat dari beras basmati yang dimasak menggunakan rempah-rempah, sedangkan untuk penyajiannya nasi biryani biasanya disajikan dengan sayuran dan daging. Biryani merupakan makanan khas orang Asia Selatan seperti India dan Pakistan.

2.     Ayam Tandoori

Ayam Tandoori (Pixabay/rvmore2595)
Ayam Tandoori (Pixabay) / rvmore2595

Seperti namanya, hidangan ini terbuat dari daging ayam yang terlebih dahulu direndam menggunakan susu asam kental berbumbu, bumbu yang digunakan seperti garam masala, bawang putih, cabai, jahe, dan lada. Ayam tandoori ini dimasak dengan cara tradisional yakni menggunakan oven bawah tanah.

3.     Ayam Tikka Masala

Ayam Tikka Masala (Pixabay/ArtificialIOG)
Ayam Tikka Masala (Pixabay) / ArtificialIOG

Tidak jauh berbeda dengan ayam tandoori yang dipanggang dengan yogurt dan bumbu-bumbu, ayam tikka masala ini adalah hidangan yang serupa namun menggunakan bumbu masala. Bahan untuk membuat bumbunya diantaranya adalah yogurt, mentega, bawang bombay, dan bumbu tikka masala.

4.     Chole Bhature

Chole Bhature (Pixabay/marekonline)
Chole Bhature (Pixabay) / marekonline

Makanan ini sebenarnya gabungan dari dua bahan, chole adalah makanan yang terrbuat dari kacang-kacangan, sementara bhature adalah makanan sejenis roti yang dimasak sebelum dihidangkan. Kedua makanan ini disajikan bersama, sehingga orang-orang memakan bhature menggunakan chole.

5.     Aloo Gobi

Aloo Gobi (Pixabay/timokefoto)
Aloo Gobi (Pixabay) / timokefoto

Makanan ini berbahan dasar kentang dan kol yang dimasak dengan bumbu kuning dan bumbu kari, citarasa dari aloo gobi sendiri adalah gurih pedas yang menggugah selera.

Itulah 5 makanan India yang otentik dan kaya akan rempah-rempah, bisa banget dijadikan variasi hidangan saat ada acara keluarga karena citarasanya yang tidak jauh beda dengan lidah orang Indonesia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak