alexametrics

Diadaptasi dari Serial Tahun 1980an, Ini 3 Alasan Film Losmen Bu Broto Wajib Kamu Tonton!

M. Fuad S. T.
Diadaptasi dari Serial Tahun 1980an, Ini 3 Alasan Film Losmen Bu Broto Wajib Kamu Tonton!
Sinopsis Losmen Bu Broto (Instagram) / @losmenbubroto

Film adaptasi serial TV legendaris tahun 1980an, Losmen Bu Broto akhirnya dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara luas. Film yang mendapatkan rating mencapai 8,2/10 dari laman IMDb ini mengusung tentang keluarga Bu Broto. Keluarga Bu Broto adalah pengelola sebuah losmen di Yogyakarta, dan memegang teguh adat-adat leluhur serta menerapkan prinsip-prinsip kehidupan yang berpedoman pada kebudayaan Jawa.

Film yang memiliki durasi 1 jam 49 menit ini, menjadi salah satu film unggulan di akhir tahun 2021. Tentu saja, layak untuk ditonton oleh para pecinta film. Ingin tahu, mengapa film ini layak masuk dalam daftar tontonmu? Mari kita bahas bersama!

1. Menjunjung Tinggi Kebudayaan Leluhur

Alasan pertama mengapa film ini layak untuk dijadikan tontonan adalah mengenai konsep dan pemikiran Bu Broto (diperankan oleh Maudy Koesnaedi), yang memegang teguh budaya keluarganya. Dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya sebagai pengelola losmen, Bu Broto mengedepankan unggah-ungguh, tata cara, dan tata krama khas orang Jawa.

Bahkan, ketika terjadi permasalahan muncul, penyelesaiannya pun tak jauh dari pertimbangan-pertimbangan yang berkaitan dengan filosofi Jawa. Dari sini kita tahu, setidaknya, film ini menyampaikan pesan kepada masyarakat luas tentang pentingnya tetap menjaga nilai-nilai leluhur di tengah gerusan arus modernisasi yang semakin kuat.

2. Nostalgia Masa-masa 1980an

Bagi penonton yang hidup di era 1980an, film ini tentu menjadi sebuah media untuk kembali bernostalgia ke masa-masa itu. Pasalnya, film Losmen Bu Broto ini sendiri memang diangkat dari serial televisi yang menjadi favorit masyarakat Indonesia pada masa itu.

Bahkan, dalam salah satu keterangannya IMDb menuliskan, film ini merupakan versi film dari serial TV legendaris yang tayang di stasiun televisi pemerintah pada era 1980an. Dengan menonton film ini, tentu akan sangat menyenangkan sembari mengingat-ingat kehangatan bersama keluarga kala itu.

3. Dibintangi Para Pelaku Entertainment Papan Atas Indonesia

Alasan ketiga mengapa film Losmen Bu Broto ini layak untuk disaksikan, tentu saja karena dihiasi dengan para pemain papan atas di negeri ini. Tak hanya aktor dan aktris yang memiliki basic sebagai pemain film, Losmen Bu Broto juga melibatkan artis dengan basic bermusik seperti Danilla Riyadi.

Danilla Riyadi akan beradu akting dengan para seniman peran yang "kenyang" pengalaman seperti Maudy Koesnaedy (Bu Broto), Mathias Muchus (Pak Broto), Maudy Ayunda (Jeng Sri), Putri Marino (Mbak Pur), Kenes Andari, Darius Sinathriya, hingga Karina Suwandhi. Dari para pemerannya saja kita sudah bisa membayangkan kualitas film ini, ya!

Nah, itulah 3 alasan mengapa film Losmen Bu Broto layak untuk masuk dalam daftar tonton anda. Happy watching!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak