alexametrics

Ulasan Buku Atomic Habits, Karya James Clear yang Jadi Internasional Best Seller

Eko Saputra
Ulasan Buku Atomic Habits, Karya James Clear yang Jadi Internasional Best Seller
Sampul Buku Atomic Habits (DocPribadi/Eko).

Dari sekian banyak buku pengembangan diri, saya merasa beruntung telah memilih buku ini sebagai bacaan. Atomic Habits, karya seorang pakar kebiasaan ini sangat bermanfaat bagi saya yang saat ini sulit untuk konsisten melakukan kebiasaan-kebiasaan baik.

Buku ini benar-benar seperti sub judulnya; Cara Mudah dan Terbukti untuk Membentuk Kebiasaan Baik dan Menghilangkan Kebiasaan Buruk. Hal yang membuat saya kagum adalah isi bukunya yang bisa langsung dipraktikkan, jauh dari teori-teori yang mustahil. 

Buku ini diawali dengan penjelasan mengapa perubahan-perubahan kecil mampu memberikan hasil yang luar biasa. Kita juga akan dibantu untuk mengetahui kebiasaan-kebiasaan apa yang sebaiknya dibentuk melalui penentuan identitas diri. Hal ini karena setiap orang memiliki identitas masing-masing. Oleh karena itu, kebiasaan yang mesti dibentuk juga berbeda-beda. 

Empat Kaidah Membentuk Kebiasaan Baik

James Clear memberikan setidaknya empat kaidah yang harus dipenuhi agar kebiasaan baik dapat terbentuk dan tahan lama.  Empat kaidah itu ialah; Menjadikannya Terlihat, Menjadikannya Menarik, Menjadikannya Mudah,  dan Menjadikannya Memuaskan. 

Semua kaidah tersebut dipaparkan secara jelas dan rinci dalam empat bab yang berbeda. Tak hanya itu, masing-masing teori didukung oleh hasil penelitian yang sudah terbukti. Hal yang terpenting, bagaimana cara menerapkannya ke dalam rutinitas harian kita. 

Empat kaidah di atas juga berlaku untuk menghilangakan kebiasaan buruk, yaitu dengan mengerjakan yang sebaliknya; Menjadikannya Tak Terlihat, Menjadikannya Tak Menarik, Menjadikannya Sulit, dan Menjadikannya Mengecewakan. 

Taktik-taktik Tingkat Mahir

Setelah panjang lebar membahas langkah-langkah pembentukan kebiasaan, James Clear sepertinya belum puas sampai di situ. Ia menambahkan taktik-taktik tingkat mahir yang dapat dilakukan. Dalam bab ini kita akan diperkenalkan dengan aturan goldilocks dan kebenaran tentang bakat. 

Di bagian paling akhir, terdapat lampiran yang berisi saran mengenai apa yang sebaiknya kita baca setelah buku ini. 

Internasional Best Seller

Atomic Habits telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia hanya sekitar satu tahun sejak tebit pertama kali. Sebagai internasional best seller, saya rasa banyak yang sudah membaca dan mempraktikkan isinya, serta mengulas lebih dalam.

Buku pengembangan diri yang satu ini sangat direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin membentuk kebiasaan baik dengan cara yang menurut saya paling efektif. 

Identitas Buku

Judul : Atomic Habits, Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Penulis : James Clear

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun : Cetakan I, 2019

Genre : Pengembangan diri

Tebal buku : 342 halaman

ISBN : 978-602-06-3317-6

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak