facebook

Review Hospital Playlist: Drama Korea yang Wajib Ditonton Mahasiswa Kedokteran!

Hana Ramadhan
Review Hospital Playlist: Drama Korea yang Wajib Ditonton Mahasiswa Kedokteran!
Hospital Playlist. [hancinema]

Semakin hari, drama Korea Selatan semakin menarik perhatian masyarakat banyak, baik di Asia, bahkan sampai ke Amerika. Hal tersebut bisa terjadi karena drama yang ditampilkan dikemas secara baik dan dengan alur yang membuat penonton selalu penasaran. 

Salah satu drama Korea terpopuler baru-baru ini disutradarai oleh Shin Won Ho, apalagi kalau bukan Hospital Playlist. K-Drama ini terdiri dari dua musim. Musim pertama dimulai tayang pada 12 Maret 2020 dan berakhir pada 28 Mei 2020. Sedangkan musim kedua tayang perdana pada 17 Juni 2021. 

Drama Korea ini menceritakan tentang kehidupan lima sahabat yang berprofesi sebagai dokter spesialis di satu rumah sakit, yaitu Yulje Medical Center. Kelima sahabat tersebut yaitu Lee Ik Jun (Jo Jung Suk), Chae Song Hwa (Jeon Mi Do), Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok), Kim Jun Wan (Jung Kyung Ho), dan Yang Seok Hyeong (Kim Dae Myung).

Mereka berteman sejak berkuliah di universitas yang sama. Pertemuan awal yang unik membuat mereka bersahabat dan menggapai cita-cita bersama. Mereka juga memiliki sebuah band dengan nama Mido and Parasol. 

Drama yang tayang di tvN dan Netflix ini menceritakan bagaimana kehidupan para dokter yang terkadang tidak pernah terpikirkan oleh masyarakat luas. Misalnya ketika mereka merasa sangat terpukul akibat harus merelakan pasien yang telah dipertahankan dengan susah payah. Selain itu, diperlihatkan pula momen ketika dokter harus mengambil keputusan secara singkat soal nasib pasien.

Tak cuma itu, Hospital Playlist ini juga menceritakan bagaimana perjuangan menjadi seorang dokter yang sedang magang. Mereka diperankan oleh Jo Yi Hyun sebagai Jang Yun Bok dan Bae Hyun Sung sebagai Jang Hong Do. 

Ketika menonton drama ini, mungkin kamu akan dibingungkan dengan istilah-istilah kedokteran yang ada. Namun, dalam drama ini istilah-istilah tersebut dijelaskan dengan cara yang mudah, agar bisa dimengerti. Dengan begitu, istilah kedokteran tersebut akan mudah dipahami. Terlepas dari itu, penyampaikan dalam Hospital Playlist ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran baru seputar dunia kesehatan. 

Drama Hospital Playlist berhasil mendapatkan penilaian yang tinggi di masyarakat karena cerita yang dikemas dengan seimbang. Seimbang yang dimaksud di sini adalah cerita ditayangkan setara antara hal medis, kesedihan, rasa tanggung jawab dan komedinya.

Sifat lucu dari para dokter di Yulje ini membuat penonton merasa tidak tegang ketika menontonny. Sifat tanggung jawab yang besar ketika menangani pasiennya membuat penonton merasa terkagum-kagum dengan profesi dokter.

Selain itu, rasa kekeluargaan yang besar antara para pemeran juga menjadi nilai tambah dan sangat patut untuk dicontoh. Drama Korea ini juga membuat penonton menangis karena terbawa oleh suasana pada saat ada tayangan yang menampilkan nyawa seorang pasien sudah tidak bisa ditolong lagi. 

Drama yang tayang dengan total 24 episode ini juga membuat hati masyarakat Korea Selatan menjadi tersentuh. Khususnya sejak adanya cuplikan pendonoran, mulai dari donor darah, sampai organ tubuh.

Menurut Detik Health mengutip dari laporan Naver, berdasarkan keterangan Organisasi Donor Darah dan Organ Nasional di Korea Selatan, sebanyak 16.231 orang telah mendaftarkan diri sebagai pendornor organ. Jumlah tersebut diambil dari data pada 1 Juli hingga 11 Agustus 2021. Angka tersebut naik sebanyak tiga kali lipat lebih dibandingan dengan tahun sebelumnya.

Kemudian, setelah episode tujuh di musim kedua tayang, jumlah pendonor bertambah 7.042 orang hanya dalam waktu seminggu. Angka itu juga mengalami peningkatan sebelas kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut merupakan dampak yang sangat positif saat itu di Korea Selatan, dikarenakan jumlah pendonor yang sempat berkurang akibat dampak dari pandemi Covid-19. 

CNN mengutip dari Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan (KDCA), orang yang akan menjadi pendonor berarti bersedia mendonasikan organ pada saat kematian, tanpa mendapatkan keuntungan apapun dari pendonoran itu. Organ bisa diangkat atau di transplantasikan ketika pendonor dinyatakan mengalami dua jenis kematian. Pertama saat dinyatakan brain death atau mati otak. Transplantasi bisa dilakukan ketika dokter sudah melakukan prosedur evaluasi kematian otak. Kedua, donor bisa dilakukan setelah kematian jantung

Walaupun ini merupakan drama tentang medis, tetapi hal-hal yang bersifat komedi, persahabatan, kekeluargaan, bahkan percintaan juga tetap tersaji dengan baik. Oleh sebab itu, drama Korea Hospital Playlist ini sangat direkomendasikan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak