facebook

5 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Libur Akhir Tahun di Rumah

Hana Ramadhan
5 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Saat Libur Akhir Tahun di Rumah
Ilustrasi Menonton Film (istock)

Libur akhir tahun semakin dekat. Waktu liburan yang biasanya digunakan untuk berwisata, tamasya, bahkan kumpul bersama teman-teman atau keluarga besar kini sulit untuk dilakukan. Terlebih seiring dengan keputusan pemerintah yang menetapkan PPKM level 3 pada libur akhir tahun nanti, dan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. 

Alasan pemerintah menetapkan aturan tersebut adalah untuk menghindari meningkatnya kasus positif COVID-19 yang bisa terjadi ketika liburan telah usai. Walaupun hanya di rumah, banyak kegiatan yang tetap bisa dilakukan. Berikut 5 kegiatan seru yang bisa dilakukan saat liburan di rumah selama PPKM. 

1. Bermain bersama keluarga

Bermain tidak harus di luar, bermain bersama di dalam rumah juga dapat dilakukan dan tidak kalah menyenangkan. Permainan yang bisa dimainkan misalnya permainan tradisional seperti congklak ataupun permainan lainnya. Selain menyenangkan, bermain bersama keluarga juga bisa mempererat hubungan antar kamu dan anggota keluarga lainnya. 

2. Membaca

Membaca bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Ketika membaca, kita akan mendapatkan informasi bahkan pengetahuan baru. Bacaan yang bisa dibaca misalnya novel, komik, ensiklopedia atau bacaan menarik lainnya. Membaca juga tidak membutuhkan tenaga yang banyak sehingga kita tidak akan mudah berkeringat. 

3. Membuat sesuatu dari barang bekas

Pastinya di rumah terdapat beberapa barang yang sudah tidak dipakai. Barang-barang itu bisa digunakan untuk fungsi lain jika kita bisa mengubahnya menjadi lebih bagus. Saat ini sudah banyak sekali video Do It Youself (DIY) yang tersedia. Ketika ingin melakukannya, kamu bisa melihat berbagai cara membuat sebuah karya atau suatu barang yang kamu inginkan dari barang bekas melalui platform Youtube.

4. Menonton Film/Series

Mungkin menonton menjadi kegiatan yang digemari oleh banyak orang, karena menonton tidak perlu membutuhkan banyak tenaga dan bisa membuat suasana hati lebih baik. Menonton juga bisa mengasah kemampuan berbahasa apabila tayangan yang ditonton adalah tayangan dari luar negeri, terlebih ada banyak film yang membuat pengetahuan kita semakin luas.

5. Mendekorasi

Selain tahun yang akan baru, ruangan dan suasana juga bisa kamu sulap jadi baru dengan cara mendekorasinya. Ketika mendekorasi ruangan, sebaiknya dilakukan dari pagi hari ketika masih memiliki tenaga yang penuh. Lakukanlah bersama keluarga agar lebih menyenangkan. 

Itulah 5 kegiatan agar liburan di rumah bersama keluarga semakin seru selama PPKM berlangsung. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak