facebook

Jelajah Taman Sungai Mudal, Destinasi Wisata Alam di Kulon Progo yang Menawan

Alif Ramadhan
Jelajah Taman Sungai Mudal, Destinasi Wisata Alam di Kulon Progo yang Menawan
Salah satu kolam di Sungai Mudal (DocPribadi/alifbussines)

Saat ini, pariwisata di Kabupaten Kulon Progo terus berkembang dan mempunyai banyak pilihan destinasi wisata alam yang memesona. Salah satu wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di Kulon Progo yaitu Taman Sungai Mudal, yang berlokasi di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Taman Sungai Mudal terletak di daerah dataran tinggi, sehingga suasana masih asri, sejuk, dan jauh dari polusi udara. Selain alamnya yang masih alami dan terjaga, sungai mudal mempunyai air yang sangat jernih, bersumber dari mata air pegunungan Menoreh. Oleh karena itu, sangat cocok jika digunakan untuk mandi atau berenang di saat cuaca panas.

Pada awalnya, Taman Wisata Sungai Mudal ini hanya sungai biasa seperti pada umumnya. Namun, dengan ide kreatif dari warga setempat, sungai mudal diubah menjadi sebuah ekowisata yang cantik. Tak heran, sampai saat ini banyak para wisatawan yang tertarik untuk datang.

Para wisatawan yang datang bukan hanya warga lokal saja, tetapi dari mancanegara juga. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sungai mudal, dapat datang pada hari senin sampai minggu dengan jam operasional pukul 08.30 hingga 15.15 WIB.

Taman Wisata Sungai Mudal memiliki beberapa kolam bertingkat. Setiap kolam mempunyai kedalaman yang berbeda-beda. Ada yang kedalamannya sampai 2 meter. Kamu dapat berenang, berendam, atau mandi dengan bebas di kolam-kolam tersebut. Dengan air segar berwarna hijau tosca, dan didukung dengan alam sekitar yang masih asri, membuat badan menjadi rileks, serta pikiran menjadi fresh.Berikut beberapa info tentang Taman Wisata Sungai Mudal:

1.Perjalanan ke Lokasi

Lokasi Taman Wisata Sungai Mudal tergolong jauh apabila di tempuh dari pusat Kota Yogyakarta.Kamu harus menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer dan kira-kira 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta untuk bisa sampai ke lokasi. Kamu juga harus menyiapkan mental dan keberanian jika ingin berwisata ke Taman Wisata Sungai Mudal. Sebab, apabila kamu sudah memasuki wilayah Kabupaten Kulon Progo, maka akan dihadapkan dengan tanjakan curam yang berkelok-kelok, ditambah dengan kiri dan kanan jalan adalah jurang.

Tentu hal tersebut menguji mental dan menyulitkan kamu. Walaupun penuh tantangan agar bisa sampai ke Taman Wisata Sungai Mudal, tetapi selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan alam yang indah dan luar biasa.

Menurut pengalaman saya, ada satu tanjakan yang paling curam di antara yang lainnya. Tanjakan tersebut dikenal dengan nama tanjakan Bibis. Di situ banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak dan berhenti.

2.Harga Tiket

Apabila ingin berkunjung ke sungai mudal, kamu tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya. Kamu hanya diminta membayar uang sebesar Rp 10 ribu per-orang, serta uang parkir Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 3 ribu untuk mobil .Dengan harga yang murah seperti itu, kamu sudah bisa menikmati segarnya air sungai mudal sampai puas.

Harga tiket masuk Taman Sungai Mudal sangatlah murah. Pertama kali ke sana, saya tidak menyangka bahwa harga tiket sangat murah. Saya mengira bahwa tempatnya yang begitu cantik dan menawan membuat harga tiket masuknya mahal.

3.Fasilitas

Fasilitas juga merupakan hal penting dalam pengelolaan tempat wisata. Sebab, dengan fasilitas yang memadai, maka kamu atau pengunjung lainnya akan merasa nyaman.Di Taman Wisata Sungai Mudal sendiri terdapat berbagai fasilitas, misalnya spot foto, gazebo, tempat ibadah, warung makan, kamar mandi, dan tempat parkir kendaraan.

Tak hanya itu, satu fasilitas terakhir yang unik di Sungai Mudal adalah terdapat terapi ikan gratis. Terapi ikan ini juga bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Dengan fasilitas-fasilitas yang ada, kamu diharapkan juga menggunakannya dengan baik. Itulah fasilitas yang di tawarkan di Taman Wisata Sungai Mudal. Bagi saya fasilitas yang di sediakan oleh Taman Wisata Sungai Mudal sangat baik dan tertata dengan rapi.

Itulah ulasan tentang Wisata Air Taman Sungai Mudal. Tertarik ke sana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak