facebook

Dampak Perkembangan Teknologi Digital di Era Revolusi 4.0

Iqlimah Attyyatullatifah
Dampak Perkembangan Teknologi Digital di Era Revolusi 4.0
Ilustrasi teknologi transfer data. (Dok: Toshiba)

Perkembangan teknologi pada era digital ini semakin berkembang dengan begitu cepat. Secara tidak langsung, penggunaan teknologi digital ini mampu disesuaikan dengan kebutuhan manusia dan membuat hal-hal yang dilakukan secara manual berubah menjadi praktis dan lebih modern. Berkurangnya interaksi tatap muka secara langsung, kemajuan dalam memahami hal baru serta penggunaan tenaga mesin yang menggantikan peran manusia merupakan dampak dari perkembangan teknologi digital.

Istilah teknologi berasal dari perpaduan dua kata yaitu ‘Techne’ dalam bahasa Yunani artinya ‘Keterampilan’ sedangkan ‘Logos’ yang berarti ‘Ilmu’. Secara singkat, pengertian teknologi adalah  ilmu yang mempelajari tentang keterampilan. Penggunaan istilah dari kata ‘Teknologi’ sendiri diambil dari bahasa inggris yaitu ‘Technology’ sejak abad ke-20 yang bersamaan dengan berakhirnya Revolusi Industry ke-2.

Secara fungsi, teknologi merupakan sebuah sarana prasarana yang menyediakan sebuah barang dan komponen yang diperlukan untuk keberlangsungan dan kenyamanan hidup pada manusia. Seiring berkembangnya teknologi, dengan banyaknya ujicoba secara ilmiah dan penemuan, teknologi mengalami perluasan makna. Dari mesin kemudian diubah menjadi sebuah benda tidak berwujud atau dalam dunia digital biasa disebut dengan software.

Perkembangan teknologi yang paling pesat adalah pada saat munculnya era Revolusi Industri 4.0 di mana mesin, software dan alat canggih lainnya mulai diciptakan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia dalam melakukan aktivitas, serta meningkatkan  produktifitas pada dunia digital dengan sangat cepat.

Munculnya teknologi tentu memberikan banyak manfaat, salah satu manfaat yang tengah kita nikmati sekarang adalah penggunaan mesin pencarian digital (Google) yang merupakan mesin digital tercanggih sebagai wadah untuk mencari tahu segala hal dan informasi yang ada di dunia.

Manfaat teknologi secara umum yaitu mempermudah penggunanya untuk mengerjakan banyak hal dengan lebih cepat dan sesuai dengan keinginan. Kemajuan teknologi tentu membuat banyak sekali perubahan dalam sebuah negara, tidak terkecuali di negara Indonesia. Pesatnya perkembangan teknologi ini memberikan beberapa dampak yang ditimbulkan.

Dampak Positif Perkembangan Teknologi

  • Karena adanya teknologi, pertukaran sebuah informasi menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Mempermudah pekerjaan manusia serta dapat membantu sistem pembelajaran yang dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka.
  • Mempermudah perputaran ekonomi dan unculnya kebiasaan baru pada kehidupan sosial.

Dampak Negatif dari Perkembangan Teknologi

  • Masuknya budaya luar yang tidak mudah diterima oleh generasi tertentu.
  • Hilangnya kemampuan berbaur dengan masyarakat sosial
  • Banyaknya situs pornografi, penipuan, kriminalitas serta kejahatan lainnya yang ada di dunia maya.
  • Penggunaan gadget yang terlalu berlebihan yang dapat merusak perkembangan otak pada manusia.

Dari banyaknya hal yang telah kita bahas di atas, dapat disimpulkan bahwa berkembangnya teknologi ini memang menimbulkan hal positif dan hal negatif. Agar hal negatif tidak memengaruhi diri kita, maka kita harus membawa kemajuan teknologi informasi ini dengan sangat baik. Jadi tantangan terbaru untuk kita sebagai pengguna teknologi ini adalah mampu menguasai teknologi atau dikuasai oleh teknologi itu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak