facebook

Kisah Anak Frank Sinatra yang Pernah Diculik di Usia Muda, Pencarian Melibatkan FBI

Calvin Vadero
Kisah Anak Frank Sinatra yang Pernah Diculik di Usia Muda, Pencarian Melibatkan FBI
Album Musik Frank Sinatra (Unsplash)

Frank Sinatra Junior pernah diculik di Lake Tahoe, California, pada 8 Desember 1963. Disadur dari history,  Frank Sinatra Junior yang berusia 19 tahun pada saat itu mencoba mengikuti jejak ayahnya yang mengejar karier menyanyi. Namun, ia diculik di bawah todongan senjata dari kamar hotelnya di Harrah Casino dan dibawa ke Canoga Park, sebuah area di San Fernando Valley di California Selatan. Setelah percakapan singkat antara ayah dan anak, para penculik menuntut uang tebusan sebesar $240.000.

Barry Keenan adalah dalang di balik skema penculikan tersebut. Ia juga telah mempertimbangkan untuk menculik putra Bob Hope dan Bing Crosby. Namun, dia dan rekan-rekannya memutuskan untuk menculik Frank Sinatra Junior. Sebab, mereka pikir dia akan cukup tangguh untuk menangani tekanan penculikan. Meskipun kejahatan itu awalnya dijadwalkan pada bulan November, pembunuhan Presiden Kennedy menunda rencana mereka.

Segera setelah penculikan putranya, Frank Sinatra menerima tawaran bantuan dari Jaksa Agung Robert Kennedy dan Sam Giancana, salah satu pemimpin kejahatan terorganisir paling kuat di negara itu. Dia menolak dan malah menerima bantuan dari FBI. Setelah serangkaian panggilan telepon, para penculik mengungkapkan titik jatuhnya uang tebusan dan mengatakan bahwa Frank Jr. dapat ditemukan di Mulholland Drive di Los Angeles. Dalam upaya untuk menghindari adegan publik, petugas penegak hukum mengambil Frank Sinatra Junior dan membawanya pulang di bagasi mobil mereka.

Dalam beberapa hari, John Irwin, salah satu mitra Keenan, menyerahkan diri ke kantor lapangan FBI San Diego dan mengakui kejahatannya. Pada 14 Desember, semua pelaku telah ditemukan dan ditangkap.

Selama persidangan, yang berlangsung pada musim semi 1964, kontroversi meletus ketika para terdakwa mengklaim bahwa Frank Sinatra telah mengatur penculikan itu sebagai aksi publisitas yang rumit. Gladys Root, seorang pengacara Los Angeles yang flamboyan, menjelaskan rumos  ini, meskipun faktanya tidak ada bukti untuk mendukung tuduhan itu. Bahkan setelah Keenan dan yang lainnya dihukum, rumor itu tetap ada. Sementara itu, Keenan menjalani hukuman 4 setengah tahun di penjara federal. Setelah dibebaskan, ia menjadi pengembang real estat yang sukses. 

Disadur dari esquire, pada tahun 2002, Keenan berbicara kepada Ira Glass tentang penculikan di This American Life. Lalu pada tahun 2003, David Arquette dan William Macy membintangi film Showtime berjudul "Stealing Sinatra" bertema perselingkuhan. Sebuah film biografi tentang penculikan yang disutradarai oleh Joe Mantegna. Frank Sinatra Junior meninggal pada tahun 2016 di usia 72 tahun. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak