facebook

Ulasan Buku Rahasia Kecanduan Sholat: Salat Jadi Tambah Khusyu'

Rozi Rista Aga Zidna
Ulasan Buku Rahasia Kecanduan Sholat: Salat Jadi Tambah Khusyu'
Buku Rahasia Kecanduan Sholat (DocPribadi/Fathorrozi)

Marenda Darwis dalam buku Rahasia Kecanduan Sholat terbitan Mata Hati 2013 mengurai tema salat dengan sangat gamblang dan terbilang komplit. Buku dengan tebal 96 halaman ini dimulai dengan pembahasan pentingnya shalat, 'mengapa harus shalat?', lalu dilanjutkan tentang tata cara salat agar terasa lebih lezat, nikmat dan khusyu’, serta penjelasan salat sebagaimana salatnya Rasulullah.

Dengan bahasa kekinian, buku ini hadir sangat cocok bagi kawula muda yang ingin hijrah dari maksiat ke taat. Sangat pas jika dibaca kaum muda yang ingin lebih jauh mempelajari shalat dan merindukan shalat khusyu’. Sajian bahasanya mudah dimengerti, ringan dan tak perlu mengerutkan kening. 

Dalam menanggapi pertanyaan “Mengapa harus shalat?” Marenda Darwis menjawab, “Sebab kita manusia.” Tentu kalau bukan manusia, kita tidak akan diperintah untuk salat. Lalu apa korelasi antara kita selaku manusia dengan ibadah yang bernama salat? Allah berfirman dalam surah Adz-Dzariyat ayat 56, yang artinya, “Dan tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku.”

Sudah jelas bahwa tujuan Allah menciptakan kita, manusia dan makhluk jin hanya untuk beribadah kepada-Nya. Dan dari sekian banyak bentuk ibadah, salah satunya yang diajarkan Allah dan Rasul-Nya adalah salat.

Kenapa manusia harus salat? Sebab manusia mendapat ‘mandat’ untuk mengatur dan memakmurkan bumi. Agar dalam mengatur bumi dan seisinya berlangsung tenang, damai, tenteram dan penuh kasih sayang. Jadi, salah satu bekal untuk memakmurkan bumi ialah shalat.

Argumen selanjutnya mengapa kita kudu shalat? Because life is short. Karena hidup ini pendek. Bahkan sangatlah pendek. Sudah begitu, kita tidak tahu kapan ajal menjemput. Apakah 25 tahun lagi, 5 tahun lagi, setahun lagi, lusa, atau besok? Kita tidak tahu.

Hanya Allah Dzat Yang Maha Mengetahui atas segalanya. Yang jelas, mati itu pasti. Namun, cara mati itu yang berbeda dan kita tinggal pilih. Ingin mati saat jauh dari Allah, ketika berbuat maksiat, atau saat dekat, yaitu ketika sedang beribadah? Pilihan ada di tangan kita. Jika kita ingin mati dalam keadaan beribadah kepada-Nya, makanya jangan lupa shalat, sebab hidup ini singkat.

Sedangkan untuk pembahasan selanjutnya, bagaimana tatacara salat khusyu’ serta bagaimana pula shalat sebagaimana salatnya Rasulullah? Jika penasaran, carilah buku ini. Bilamana sudah dapat, pelajari dan praktikkan segera. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak