facebook

Mengenal 7 Stadion di Yogyakarta, Maguwoharjo hingga Mandala Krida

Fatson Tahya
Mengenal 7 Stadion di Yogyakarta, Maguwoharjo hingga Mandala Krida
Stadion Mandala Krida (twitter/@Putra_Mandala29)

Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai sejarah yang panjang dalam kancah sepak bola tanah air. Bhkan salah satu tim yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu PSIM adalah tim yang ikut melahirkan organisasi sepak bola tanah air yaitu PSSI. Fasilitas sepak bola yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta sekarang ini sudah jauh berkembang, salah satunya adalah stadion, Daerah Istimewa Yogyakarta mempunyai banyak stadion yang sudah bisa diandalkan untuk menggelar ajang bertaraf nasional bahkan internasional. Berikut 7 stadion yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

1. Stadion Mandala Krida

Stadion ini terkenal sebagai homebase dari PSIM Yogyakarta. Stadion yang berada di tengah-tengah Kota Yogyakarta ini sudah sering menggelar berbagai ajang, tidak hanya sepak bola tetapi juga event-event lainnya. Stadion Mandala Krida saat ini mempunyai fasilitas yang semakin baik karena stadion ini juga telah direnovasi.

Stadion Mandala Krida menyimpan banyak sejarah bagi sepak bola di Indonesia, khususnya sepak bola Daerah Istimewa Yogykarta. Stadion Mandala Krida mempunyai kapasitas sekitar 25.000 penonton.

Alamat: Jl. Kenari, Semaki, Kec. Umbulharjo. Kota Yogyakarta, Daerah istimewa Yogyakarta

2. Stadion Maguwoharjo

Stadion yang terletak di Kabupaten Sleman ini dibangun pada tahun 2005. Stadion ini menjadi markas dari PSS Sleman. Stadion Maguwoharjo memiliki kapasitas sekitar 40.000 penonton. Hal yang unik dari stadion ini adalah terdapat menara dengan tangga berputar di 4 penjuru stadion. Maka dari itu, Stadion Maguwoharjo juga disebut sebagai Mini San Siro karena konsep bangunannya yang mirip dengan Stadion San Siro.

Alamat: Jl. Kepuhsari, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 

3. Stadion Sultan Agung

Stadion Sultan Agung adalah stadion kebanggan masyarakat Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Stadion ini dibangun pada tahun 2004 tetapi baru diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2007. Stadion Sultan Agung adalah kandang dari Persiba Bantul. Stadion ini memiliki kulitas rumput bertaraf internasional, berbagai ajang bertaraf nasional maupun internasional pernah diselenggarakan di Stadion Sultan Agung. Kawasan Stadion Sultan Agung juga sering dipakai untuk menyelenggarakan loba balap kuda. Stadion Sultan Agung juga sering disebut sebagai Stadion Pacar karena letaknya yang berada di wilayah Pacar. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 35.000 penonton.

Alamat: Pacar Sewon, Ponggok II, Trimulyo, Kec. Jetis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Stadion Kridosono

Semua sejarah sepak bola Daerah Istimewa Yogyakarta ada di stadion ini, PSIM Yogyakarta dan PSS Sleman pernah memakai Stadion Kridosono sebagai markas mereka. Stadion ini sekarang juga dimanfaatkan untuk menggelar konser-konser musik, serta event-event lainnya.

Alamat: Jl. Yos Sudarso No. 9, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Stadion Tridadi

Sleman Fans pasti sangat hafal dan kenal dengan stadion ini. Stadion Tridadi dulunya adalah markas dari PSS Sleman. Namun, setelah Stadion Maguwoharjo sudah bisa digunakan, maka markas PSS Sleman berpindah dari Stadion Tridadi ke Stadion Maguwoharjo. Stadion Tridadi saat ini masih digunakan untuk aktivitas sepak bola seperti ajang Liga 3, serta digunakan sebagai salah satu tempat latihan PSS Sleman. Kapasitas dari stadion ini adalah sekitar 12.000 penonton.

Alamat: Jaran, Tridadi, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Stadion Gelora Handayani

Kabupaten Gunung Kidul juga memiliki stadion. Stadion tersebut bernama Stadion Gelora Handayani. Klub Persig Gunung Kidul bermarkas di stadion ini. Stadion Gelora Handayani memiliki kapasitas sekitar 10.000 penonton.

Jl. Taman Bakti No. 16, Jeruksari,Wonosari, Kec. Wonosari, kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

7. Stadion Cangkring

Stadion Cangkring terletak di Kabupaten Kulon Progo, stadion ini memiliki kapasitas sekitar 7.000 penonton. Klub sepak bola yang bermasrkas di stadion ini adalah Persikup Kulon Progo.

Alamat: Jl. Pahlawan No. 119, Desa Temonan,, Kec. Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Itulah stadion-stadion yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, semoga olahraga di Daerah Istimewa Yogyakarta semakin maju.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak