facebook

4 Ragam Warna Beras, dari Putih hingga Hitam!

Fatson Tahya
4 Ragam Warna Beras, dari Putih hingga Hitam!
Ilustrasi beras.[Freepik]

Siapa yang tidak mengenal beras? beras atau jika sudah dimasak disebut dengan nasi adalah bahan makanan pokok yang sangat populer di Indonesia. Sebagai sumber karbohidrat beras atau nasi memiliki peran yang penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Beras yang banyak beredar di pasaran terkenal dengan warna putih. Tetapi, warna beras tidak hanya putih, ada banyak ragam warna beras, berikut 4 ragam warna beras.

1. Beras putih

Beras putih adalah beras yang paling mudah ditemui. Beras ini sering dikonsumsi oleh sebagian masyarakat. Dari sisi kandungan vitamin, bisa dikatakan beras ini mempunyai kandungan vitamin yang paling rendah. Hal ini karena lapisan-lapisan vitamin, serat, serta antioksidannya sudah menurun diakibatkan proses pembersihan.

Beras putih hanya mempunyai kandungan karbohidrat yang sederhana yang mudah diserap oleh tubuh. Beras ini juga mempunyai efek dalam meningkatkan gula darah secara instan, maka dari itu tidak heran jika sesudah makan nasi putih kadang merasa mengantuk. Rasa kantuk bisa diakibatkan karena gula darah sedang naik, karena kandungan tersebut beras putih biasanya tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes dan orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

2. Beras cokelat

Beras cokelat dihasilkan dari jenis padi yang sama dengan beras putih, tetapi perbedasnnnya adalah jumlah pengelupasan kulitnya. Jika beras putih memerlukan 3 kali pengupasan, beras cokelat hanya memerlukan 1 kali. Jadi beras cokelat hanya dihilangkan bagian terluar kulit padi, beras cokelat mengandung mineral Mangan yang dapat membantu mengubah karbohidrat dan protein menjadi energi.

3. Beras hitam

Penyebaran wilayah dari beras hitam ini paling banyak ditemui di kawasan Asia, Indonesia adalah salah satunya, pada sejarahnya dulu beras hitam adalah beras yang hanya dapat dikonsumsi oleh kaum elit seperti raja, sultan, dan bangsawan yang boleh mengkonsumsi beras hitam, yang unik di China dari beras ini disebut juga Forbidden Rice atau beras terlarang karena dulu hanya keluarga kaisar yang boleh mengkonsumsi beras hitam.

Beras hitam lebih lengket dari jenis beras lainnya tapi tidak selengket ketan. Tekstur dari beras ini juga tidak selembut beras putih, jadi terasa sedikit kasar ketika dimakan, beras ini terasa manis dan kenyal. Di Indonesia beras hitam umumnya berasal dari Yogyakarta, Banten, Lombok, Toraja, Sumatera Selatan, serta Kalimantan Tengah. Beras hitam kaya akan serat sehingga juga sangat dianjurkan bagi orang yang sedang menjalankan program diet.

4. Beras merah

Beras ini mempunyai warna yang mencolok, warna merah yang ada pada beras ini berasal dari anthocyanin yang diproduksi oleh gen yang ada pada beras merah, beras ini sangat familiar pada makanan bayi. Beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dengan protein, kalsium, serta serat yang tinggi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak