facebook

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Perbedaan Mentega dan Margarin

Fatson Tahya
Jangan Sampai Salah, Ini 5 Perbedaan Mentega dan Margarin
Ilustrasi Perbedaan Mentega dan Margarin (freepik)

Mentega dan margarin adalah bahan makanan yang tidak asing bagi masyarakat, kedua bahan makanan ini sering digunakan untuk berbagai macam olahan makanan, contoh yang paling mudah adalah untuk campuran adonan kue. Tapi ternyata mentega dan margarin itu adalah 2 bahan makanan yang berbeda, berikut 5 perbedaan antara mentega dengan margarin.

1. Bahan pembuatan

Mentega atau bisa juga disebut dengan butter adalah bahan makanan yang terbuat dari lemak hewani sebagai bahan dasar, biasanya menggunakan susu sapi, kambing, domba, atau kerbau.

Sedangkan Margarin bahan dasarnya adalah terbuat dari lemak nabati, yang paling sering digunakan adalah ekstrak minyak sawit, bisa juga memakai biji rapa, minyak kanola, atau minyak alpukat. Perbedaan proses pembuatan ini menjadikan Mentega dan Margarin mempunyai perbedaan.

2. Warna

Warna dari Mentega pada umumnya adalah berwarna kuning pucat,, mentega juga ada yang berwarna cenderung putih, sedangkan Margarin mempunyai warna yang kuning cerah, dengan perbedaan warna tersebut maka bisa menjadi pedoman ketika akan memilih mentega atau margarin.

3. Aroma

Kedua bahan makanan ini juga mempunyai perbedaan dari segi aroma, Mentega yang terbuat dari lemak hewani memiliki aroma yang lebih berlemak daripada aroma margarin yang terbuat dari lemak nabati. Mentega karena terbuat dari susu maka mempunyai aroma yang creamy.

4. Kandungan lemak

Karena terbuat dari lemak hewani maka kandungan lemak jenuh dan lemak trans di mentega sangat tinggi, sedangkan margarin karena bahan pembuatannya dari lemak nabati maka mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk tubuh.

Perbedaan ini sangat berguna bagi orang yang sedang menjalankan diet atau orang yang sedang melakukan gaya hidup vegetarian.

5. Tekstur

Mentega memiliki tekstur yang lebih padat daripada tekstur margarin yang cenderung lebih lunak atau lembek, tetapi ketika terkena suhu panas mentega akan lebih mudah mencair atau meleleh ini dikarenakan kandungan air pada mentega lebih tinggi daripada kandungan air yang ada pada margarin.

Lima perbedaan antara mentega dan margarin di atas bisa dijadikan pedoman ketika akan memilih menggunakan mentega atau margarin, tentunya pilihan tersebut tergantung kebutuhan dan kondisi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak