facebook

5 Tips Mudah Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah agar Hemat Listrik, Warna Cat Memengaruhi

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips Mudah Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah agar Hemat Listrik, Warna Cat Memengaruhi
Ilustrasi Ruangan dengan Pencahayaan Alami. (Pixabay/Pexels)

Bagi kamu yang akan membangun rumah, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah desainnya. Selain mengikuti tren, akan lebih baik jika desain tersebut dapat multifungsi, seperti memberi pencahayaan alami pada ruangan.

Desain rumah dengan pencahayaan alami saat ini juga sedang tren dan digemari. Selain kesan estetik yang didapat, juga bisa meminimalisir penggunaan listrik terutama di siang hari. Nah, berikut lima tips memaksimalkan pencahayaan alami di dalam ruangan.

1. Gunakan Atap Transparan

Salah satu trik untuk pencahayaan alami adalah dengan menggunakan atap transparan di salah satu sisi ruang. Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan lampu listrik saat siang hari. Ruanganmu pun akan tetap terang berkat sinar matahari yang masuk melalui atap transparan ini.

2. Tidak Banyak Sekat

Sekat pada ruangan ternyata juga perpengaruh tehadap pencahayaan, lho! Banyaknya sekat dalam rumah menyebabkan banyak ruang yang tidak terkena cahaya dan membuat rumah terkesan tidak lega. Ruangan yang luas tanpa sekat memungkinkan semua bagiannya terkena cahaya dari satu sumber, sehingga tidak perlu repot memberi penerangan satu-persatu.

3. Ventilasi yang Lebar

Ventilasi pada rumah sangat penting untuk sirkulasi udara. Selain itu, fungsi lain dari ventilasi adalah untuk pencahayaan alami di dalam rumah. Dengan menggunakan jendela yang lebih lebar, membuat cahaya bisa masuk dan menerangi seluruh ruangan.

4. Pemilihan Cat

Cat dengan warna cerah akan membuat ruangan terkesan terang, warna-warna pastel atau putih misalnya. Warna ini apabila terkena sinar juga akan memantulkan cahaya sehingga ruangan terlihat terang walau pencahayaan sedikit.

5. Menggunakan Kaca pada Salah Satu Sisi Dinding

Kamu bisa memaksimalkan pencahayaan alami yang masuk ke rumah dengan cara menggunakan kaca lebar di salah satu dinding ruangan, entah kaca tersebut berupa pintu atau glass block. Jangan lupa untuk memperhatikan bentuk pada pintu atau glass block tersebut agar bisa juga menambah kesan estetik pada ruangan.

Itulah lima tips untuk memaksimalkan pencahayaan alami dalam rumah. Dengan cahaya alami tersebut kita dapat meminimalisir penggunaan listrik, bukan? Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak