facebook

Dijamin Ketagihan, Ini 8 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba!

sarah kamal
Dijamin Ketagihan, Ini 8 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dicoba!
Ilustrasi rujak cingur Suarabaya. (instagram @surabayafoodies/sarahkamal)

Kota Surabaya atau yang biasa disebut Kota Pahlawan, merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Surabaya juga dikenal memiliki beragam makanan khas yang unik, enak dan wajib dicoba. Ini menjadi salah satu kota tujuan kuliner di pulau Jawa.

Tinggal menyesuaikan dengan selera makanmu, kamu bisa menikmati makanan khas Surabaya yang enak dan lezat. Harga makanan khas Surabaya pun cukup terjangkau, pastinya tidak menguras dompet. 

Nah, berikut ini adalah 8 daftar makanan khas Surabaya yang wajib untuk dicoba : 

1. Rawon Setan

sumber: (instagram: @rawonsetan.id)
sumber: (instagram: @rawonsetan.id)

Saat berkunjung di kota Pahlawan, rawon adalah makanan khas Surabaya yang tidak boleh dilewatkan. Depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia terdapat di Jalan Embong Malang, Surabaya.  Asal muasal disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Rasa kuahnya sangat gurih dan daging rawonnya cukup besar. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini tidak pernah sepi pengunjung.

Hargany kisara mulai dari Rp 28.000 - Rp 36.000 untuk nasi campur dan rawon.

2. Tahu Tek

sumber: (instagram @amazingindonesiafood)
sumber: (instagram @amazingindonesiafood)

Tak kalah dengan rawon, Tahu Tek juga termasuk makanan khas Surabaya yang menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat. Tahu tek atau tahu telur berisi lontong, tahu, telur, kentang rebus, taoge, dan kerupuk dengan bumbu petis yang mantap abis!

Biasanya, tahu tek juga disajikan bersama kerupuk yang renyah sehingga menambah sensasi seru ketika menyantapnya. Ini bisa jadi pilihan yang pas untuk sarapan jika sedang berkunjung ke Surabaya, loh! 

Untuk kisaran harga satu porsinya diberi harga sekitar Rp 11.000 sampai Rp 13.000. 

3. Rujak Cingur

sumber: (instagram @e_ndro)
sumber: (instagram @e_ndro)

Rujak Cingur adalah salah satu makanan yang wajib ada di daftar kuliner kamu saat di Surabaya, lho! Rujak cingur terdiri dari lontong, taoge, kangkung, tahu, tempe, cingur, dan buah-buahan yang disiram bumbu petis membuatnya semakin lezat. Biar lebih enak, kamu bisa menambahkan berbagai jenis kerupuk.

Seperti kerupuk putih, kerupuk udang, dan emping. Untuk kisaran harganya, mulai dari Rp 20.000 - Rp 40.000.

4. Sate Kelopo (Kelapa)

sumber: www.phinemo.com
sumber: www.phinemo.com

Sate Kelopo memiliki rasa yang lebih gurih dan lezat dibanding sate biasa. Karena, sate Kelopo yang terbuat dari daging ayam ini identik disajikan dengan parutan kelapa. Dengan sensasi rasa gurih dan pedas dari sambal kacang yang mantap sekali!

Sate kelopo juga termasuk makanan favorite banyak orang saat di Surabaya. Kisaran harga seporsinya sekitar Rp 29.000 - 35.000. 

5. Lontong Mie

sumber: (instagram @kenyangmakan)
sumber: (instagram @kenyangmakan)

Jika anda ingin sarapan dan sedang malas untuk makan nasi, Lontong Mie bisa menjadi solusinya! Lontong mie disajikan dengan tahu goreng, taoge, kerupuk, lontong, dan juga mie kuning. Agar terasa lebih maknyuss, sebelum lontong mie dihidangkan, di bagian atas sajian lontong mie terkadang ditambahkan udang goreng, mie kuning dan tentunya bawang goreng. Dan pastinya, kelezatan Lontong Mie terletak dari bumbu petisnya.

Di Surabaya, Lontong Mie sangat mudah dijangkau karena mudah ditemukan. Kisaran harganya sekitar Rp 16.000 - 22.000. Terjangkau banget, kan?

6. Tahu Campur

sumber: (instagram @pawon_erna)
sumber: (instagram @pawon_erna)

Ada banyak makanan di Surabaya yang berbumbu petis, termasuk Tahu Campur. Tahu Campur bisa dibilang sangat  mirip dengan Tahu Tek. Tetapi, yang membedakannya adalah Tahu Campur memakai kuah, sedangkan Tahu Tek tidak berkuah.

Tahu campur disajikan dengan mie kuning, tahu putih goreng, taoge, selada, lentho atau perkedel singkong, daging, dan kerupuk lalu disajikan dengan kuah yang terbuat dari rebusan daging dan bumbu dasar yang telah dihaluskan. Ini cocok untuk anda yang lebih suka makanan berkuah. Dijamin nambah! Kisaran harga per porsinya sekitar Rp 15.000 - 23.000

7. Sego Sambal Mak Yeye

Ilustrasi sambel (Shutterstock).
Ilustrasi sambel (Shutterstock).

 

 

Sego Sambal Mak Yeye adalah penyetan legendaris yang berdiri sejak tahun 1982. Kuliner ini termasuk makanan legendaris dan sangat laris di Surabaya. Bisa antre sampai berjam-jam untuk mendapatkannya. Ada menu yang beragam di warung tersebut, tetapi menu yang banyak disukai orang di Warung Sego Sambal Mak Yeye adalah seporsi nasi pulen hangat, ikan pari (iwak pe) dan sambal pedas.

Karena, tak banyak warung penyet yang menyediakan menu tersebut. Yang membuat Warung Sego Sambal Mak Yeye istimewa yaitu karena sambalnya yang terbuat dari ulekan tomat, cabai, terasi, bawang putih, bawang merah dan garam.

Dan untuk yang tidak terlalu suka pedas, bisa meminta agar sambal diberikan gula sedikit supaya sedikit lebih manis. Kisaran harganya mulai dari Rp 10.000.

8. Klanting

sumber: www.pinterest.com
sumber: www.pinterest.com

Klanting atau Cenil adalah jajanan pasar khas Surabaya yang banyak digemari karena rasanya yang lezat dan manis. Jajanan tradisional ini berbentuk lonjong dan berbahan dasar ketan/tepung beras dan juga air jeruk nipis. Klanting diolah dengan cara direbus.

Setelah matang, klanting disajikan dengan siraman saus gula merah dan parutan kelapa muda yang pastinya memberikan efek nikmat dan lezat. Kisaran harga seporsinya hanya Rp 5.000 saja, loh!

Nah, di atas adalah 8 daftar makanan khas Surabaya yang beragam dan pastinya lezat. Kalau anda berencana untuk berkunjung ke Surabaya dan tidak mau menyesal, pastikan untuk mencicipi semuanya, yaa!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak