facebook

3 Fakta Drama Korea "Ghost Doctor" yang Wajib Diketahui Para Pecinta Drakor

Dwi Handriyani
3 Fakta Drama Korea "Ghost Doctor" yang Wajib Diketahui Para Pecinta Drakor
Ghost Doctor, drama Korea yang sedang tayang di TvN dan aplikasi Viu. (Viu)

"Ghost Doctor," sebuah drama Korea yang kini tengah tayang di TvN dan aplikasi Viu, minggu ke-3 bulan Februari 2022 telah memasuki episode ke-14. Drama Korea ini menceritakan kisah dua dokter, Prof. Cha Young Min, dokter spesialis ahli bedah kardiotoraks, dan Ko Seung Tak, dokter residen yang sedang magang di RS Universitas Eunsang .

Dikisahkan Cha Young Min adalah seorang profesor muda di bidang kedokteran untuk spesialisasi bedah kardiotoraks yang sangat jenius, tapi dia arogan dan egois. Karena kasus kecelakaan lalu-lintas, Young Min mengalami koma dan rohnya merasuki tubuh Seung Tak yang sedang menjalankan residensial di RS Universitas Eunsang.

Ko Seung Tak, sebenarnya sesosok dokter yang sangat cerdas, namun karena trauma masa kecil yang menyebabkan ayahnya meninggal dunia, pendidikan kedokteran tidak pernah dijalani secara serius. Terlahir dari keluarga kaya, dia adalah pewaris tunggal RS Universitas Eunsang yang dikelola keluarganya.

Begitulah sekelumit sinopsis drama korea (drakor) di atas yang dapat membuat pecinta drakor menjadi penasaran untuk mengetahui kelanjutan kisahnya kan ya. Yuk, simak 3 fakta kenapa drama Korea satu ini wajib untuk ditonton, terutama oleh para pecinta drakor!

1. Kehadiran aktor-aktris kawakan yang berbakat dengan acting luar biasa

Drama Koarea Ghost Doctor merupakan ajang comeback-nya aktor kawakan, yakni Rain sebagai Cha Young Min. Terakhir, ia berperan dalam Welcome 2 Life pada tahun 2019 silam. 

Rain atau nama aslinya, Jung Ji-hoon, kini lebih banyak menjalankan profesinya sebagai penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser rekaman dengan label "R.A.I.N Company"

Kiprahnya sebagai aktor dikenal oleh masyarakat luas sebagai bintang utama drakor "Full House" (2004) sebagai Lee Young Jae, bersama dengan aktris kawakan Song Hye Gyo yang berperan menjadi Han Ji Eun.

Selain itu, mitra berlakonnya di Ghost Doctor, Kim Bum, aktor ganteng nan imut, berperan sebagai Kim Bum. Dirinya banyak dikenal oleh publik saat serial televisi "Boys Before Flower" melejit. Di drakor ini, ia berperan sebagai So Yi Jeong, bagian dari F4 Korea.

Dalam drama Korea Ghost Doctor, Ko Seung Tak di bawah bimbingan Prof. Cha Young Min, sangatlah berbeda dalam hal latar belakang, keterampilan, atau kepribadian mereka, tetapi pada akhirnya tubuh dan jiwa mereka saling tertukar.

Belum lagi kehadiran kekasihnya Young Min, Jang Se Jin, seorang ahli bedah syaraf. Se Jin diperankan oleh Uee. Sama seperti Rain, Ghost Doctor pun menjadi ajang comeback Uee dalam layar kaca. Terakhir, ia berperan dalam drama berjudul My Only One yang tayang di tahun 2018 hingga 2019.

Adapula Oh Soo Joon atau Chrystal panggilan kesayangan oleh Seung Tak, seorang dokter residen bedah tahun ke-2 yang diperani Son Na Eun. Na Eun sendiri pertama kali dikenal lewat grup idola Apink.

2. Totalitas para pemain yang berlakon seperti dokter sungguhan

Serangkaian kisah yang menghibur dan penuh emosi juga ditunjukkan saat kepiawaian dokter magang mengoperasi pasien kritis dalam drama Ghost Doctor ini. Operasi yang berhasil ataupun yang gagal hingga akhirnya meninggal dunia sungguh menyayat hati. Adegan di kamar operasi ini pun terlihat seperti kenyataan.

Selain itu, adegan penyelamatan nyawa dengan CPR pada korban kecelakaan lalu-lintas yang kritis oleh Seung Tak pada episode 14 dilakoni seperti kejadian sesungguhnya. Dengan sekuat tenaga CPR dilakukan, ketika grafik monitor hampir menunjukkan garis datar, dan pasien pun bisa diselamatkan.

Bukan sekedar serial receh yang memperlihatkan kisah supranatural saja, peran sebagai dokter ahli bedah, mereka pun tak sungkan mempelajari sungguh-sungguh hal-hal yang berbau medis, sebagaimana ditunjukkan Rain di akun instagramnya @rain_oppa.

3. Dokter bukan Dewa, tapi profesi yang mulia ini bertugas utama untuk menyelamatkan jiwa

Di episode ke-9 drama Ghost Doctor, Kepala Ban mengungkit-ungkit Sumpah Hippocrates untuk menolong dan menyelamatkan nyawa pasien sebagai hal utama yang harus dilakukan oleh para dokter.

Demikian pula, di episode ke-13, seperti yang diungkapkan Tes kepada Seung Tak yang bersedih hati karena mengalami kegagalan operasi. "Tugas kita adalah berusaha sekuat jiwa untuk menyelamatkan pasien, namun kita bukanlah Dewa yang berhak menentukan kehidupan dan kematian seseorang," jelas Tes.

Berikut salah satu isi Sumpah Hippocrates yang dijadikan landasan oleh dokter dan dokter gigi di seluruh dunia:

"Saya akan menggunakan pengobatan untuk menolong orang sakit sesuai kemampuan dan penilaian saya, tetapi tidak akan pernah untuk mencelakai atau berbuat salah dengan sengaja. Tidak akan saya memberikan racun kepada siapa pun bila diminta dan juga tak akan saya sarankan hal seperti itu."

Secara legal, sumpah yang digunakan pada pelantikan profesi dokter dan dokter gigi dinyatakan di dalam PP Nomor 26 Tahun 1960 tentang Lafal Sumpah Dokter dan Kode Etik Kedokteran Indonesia (KODEKI).

Dari darama Korea Ghost Doctor ini, kita juga bisa memetik pelajaran bahwa mulianya profesi dokter. Penuh tantangan bahkan ancaman, yang tidak hanya menyangkut nyawa pasien, tetapi juga tenaga medis dan tenaga kesehatan itu sendiri. 

Overload dan overtime seringkali dialami oleh para petugas medis dan paramedis di RS, hingga pada akhirnya nyawa dan keselamatan mereka menjadi taruhannya.

Itulah tiga fakta tentang drama Korea Ghost Doctor yang wajib diketahui dan ditonton, terutama oleh para pecinta drakor. Bagaimana, tertarik untuk menyaksikan drama Korea Ghost Doctor?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak