facebook

5 Rekomendasi Film Indonesia Cocok Ditonton Bareng Keluarga, Pas Buat Akhir Pekan

Eko Saputra
5 Rekomendasi Film Indonesia Cocok Ditonton Bareng Keluarga, Pas Buat Akhir Pekan
Keluarga Cemara (Visinema Pictures/Keluarga Cemara)

Quality time bersama keluarga merupakan salah satu cara untuk menikmati akhir pekan. Menghabiskan waktu dengan keluarga memiliki banyak manfaat, misalnya membangun hubungan yang harmonis dan saling menghargai satu sama lain. 

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan, mulai dari makan-makan, olahraga bersama, hingga menonton film. Nah, buat kamu yang berencana melalui akhir pekan nonton bersama keluarga, berikut ini 5 rekomendasi film Indonesia bertema kekeluargaan yang tak boleh dilewatkan. 

1. Petualangan Sherina (2000)

cuplikan film Petualangan Sherina (dok. Miles Films/Petualangan Sherina)
cuplikan film Petualangan Sherina (Miles Films)

Film komedi musikal produksi Miles Films yang disutradarai Riri Riza ini bercerita tentang petualangan gadis kecil bernama Sherina. Ayah Sherina yang merupakan insinyur pertanian mendapat pekerjaan impian, sehingga Sherina ikut orang tuanya pindah ke Bandung Utara. 

Di sekolah yang baru, Sherina berkenalan dengan Sadam, murid laki-laki yang sangat nakal. Mereka tidak bisa akur dan kerap bertengkar. Namun, permusuhan mereka berubah menjadi persahabatan saat keduanya diculik oleh orang tak dikenal. 

Film ini mulanya akan diberi judul Petualangan Vera dan Elmo. Kemudian diganti menjadi Petualangan Sherina karena popularitas artis cilik Sherina Munaf yang saat itu sedang memuncak.

2. Sabtu Bersama Bapak (2016)

poster film Sabtu Bersama Bapak (dok. Falcon Pictures/Sabtu Bersama Bapak)
poster film Sabtu Bersama Bapak (Falcon Pictures)

Film drama produksi Max Pictures yang disutradarai Monty Tiwa ini diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Adhitya Mulya. Film Indonesia ini mengisahkan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari Gunawan (Ayah), Itje (Ibu), serta dua putra kecil mereka, Satya dan Cakra. 

Gunawan yang menderita penyakit kanker divonis dokter memiliki satu tahun lagi untuk hidup. Tak ingin putranya tumbuh tanpa Ayah, Gunawan pun membuat video rekaman nasihat-nasihatnya sebanyak mungkin. Setelah Gunawan meninggal, Itje pun memutar rekaman tersebut dan menonton bersama Satya dan Cakra setiap Sabtu hingga mereka tumbuh dewasa.

3. Keluarga Cemara (2018)

cuplikan film Keluarga Cemara (dok. Visinema Pictures/Keluarga Cemara)
Cuplikan film Keluarga Cemara (Visinema Pictures)

Film drama keluarga produksi Visinema Pictures yang disutradarai Yandy Laurens ini menceritakan sebuah keluarga kecil yang kehilangan harta benda mereka setelah ditipu oleh salah satu anggota keluarga besarnya. Dari Jakarta, mereka pun pindah ke desa di Bogor. 

Abah, Emak, dan dua putrinya harus beradaptasi dan meninggalkan semua kenyamanan hidup sebelumnya. Keluarga ini juga mesti bertahan menghadapi segudang masalah yang datang silih berganti. 

Film Keluarga Cemara merupakan adaptasi dari novel serial berjudul sama karangan sastrawan Arswendo Atmowiloto. 

4. Kulari ke Pantai (2018)

Kulari ke Pantai (dok. Miles Films/Kulari ke Pantai)
Kulari ke Pantai (Miles Films/)

Film anak produksi Miles Films yang disutradarai Riri Riza ini menceritakan perjalanan dua gadis kecil yang bersifat tolak belakang. Mulanya Sam, si anak pantai akan pergi berdua saja dengan Uci, ibunya dari Jakarta ke Pantai G-Land, Banyuwangi. 

Sehari sebelumnya saat kumpul keluarga, Happy (sepupu Sam) kembali berulah. Ia merendahkan Sam di depan banyak orang. Akhirnya, Ibu Happy pun memintanya ikut bersama Sam dan Uci dengan harapan mereka bisa saling mengenal serta menghargai satu sama lain. 

5. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

cuplikan film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (dok. Visinema Pictures)
cuplikan film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (dok. Visinema Pictures)

Film drama keluarga produksi Visinema Picutres yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini diadaptasi dari buku kumpulan quote berjudul sama karya Marchella FP. Film ini mengisahkan sebuah keluarga yang tampaknya bahagia, tetapi masing-masing dari mereka punya rahasia yang tak diketahui. 

Awan, yang merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara kerap dikekang oleh orang tuanya. Suatu hari, ia berkenalan dengan Kale, pria eksentrik yang mengajarinya banyak hal tentang jatuh dan bangun kehidupan. Sikap Awan yang berubah mendapatkan lebih banyak tekanan dari orang tuanya. Hal ini kemudian mendorong pemberontakan tiga kakak beradik itu dan terungkaplah rahasia besar dan trauma masa lalu keluarga tersebut. 

Itulah beberapa film Indonesia bertema keluarga. Film-film ini memiliki banyak pesan moral di dalamnya, baik secara tersurat maupun tersirat. Dengan menontonnya, kita dapat mengambil pelajaran dan menerapkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Nah, dari 5 film di atas, mana saja yang sudah kamu tonton?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak