facebook

Wajib Ditonton! 3 Alasan Kenapa Drama 'Military Prosecutor Doberman' Mendebarkan

Elora Maulina
Wajib Ditonton! 3 Alasan Kenapa Drama 'Military Prosecutor Doberman' Mendebarkan
Military Prosecutor Doberman [tvN]

Drama hukum memiliki kesenangan unik untuk menikmati karakter utama beraksi. Sensasi protagonis menangkap penjahat lengah dengan bukti dan pembelaan tidak dapat dirasakan dalam genre lain.

Itu sebabnya proyek dengan hakim, pengacara, dan jaksa sebagai karakter utama terus diproduksi dan telah menerima banyak cinta.

Dalam hal itu, Jaksa Militer tvN Doberman sangat berbeda dari drama hukum lainnya. Profesi jaksa militer yang tidak dikenal dan kombinasi militer dan ruang sidang yang berbeda menarik perhatian.

Berikut 3 alasan kenapa Drama 'Military Prosecutor Doberman' mendebarkan:

1. Cerita yang Unik

Drama Military Prosecutor Doberman menceritakan kisah Do Bae Man (Ahn Bo Hyun), yang menjadi jaksa militer karena uang, dan Cha Woo In (Jo Bo Ah), yang menjadi jaksa militer untuk balas dendam. Mereka bergabung untuk mengungkap korupsi dan konspirasi di dalam  tentara.

Ini berbeda dalam arti bahwa karakter utama  (korban, jaksa, dan pengacara) semuanya adalah tentara. Selain itu, struktur hierarki tentara yang bahkan menggoyahkan putusan pengadilan menyebabkan berbagai konflik.

Dua protagonis, yang sama sekali tidak benar, juga menarik. Do Bae Man adalah seorang jaksa militer yang tinjunya berbicara lebih keras daripada kata-kata. Selain itu, ia bergabung dengan militer dengan sengaja setelah menandatangani kontrak dengan penjahat Yong Moon Gu ( Kim Young Min ).

Singkatnya, dia jauh dari 'menjadi adil'. Semua yang dilakukan Cha Woo In sebagai jaksa militer berkaitan dengan balas dendamnya untuk Yong Moon Gu dan Noh Hwa Young ( Oh Yeon Soo), yang menyebabkan kematian ayahnya.

Dia bahkan menang atas Do Bae Man dengan mengungkapkan kebenaran tentang kematian orang tuanya. Kedua karakter ini mengutamakan balas dendam pribadi di atas rasa kewajiban sebagai jaksa. Mereka menggali korupsi Noh Hwa Young, dan dengan melakukan itu, mereka secara alami memperbaiki keadilan yang terdistorsi di dalam militer.

Pertunjukan tersebut menyampaikan pesona anti-pahlawan dalam cara protagonis dengan tujuan yang tidak murni tumbuh menjadi rasul keadilan sambil menyingkirkan mereka yang mengganggu tujuan mereka.

2. Karakter Wanita Tangguh

Berbeda dengan kehadiran karakter perempuan yang lemah dalam proyek-proyek yang dibuat di militer, Jaksa Militer Dobermanagak menonjol. Pertama-tama, kehadiran Cha Woo In, yang mencoba mengakhiri ambisi Noh Hwa Young dengan Do bae Man, sangat luar biasa.

Dia menyaksikan kematian ayahnya yang disebabkan oleh skema Yong Moon Gu dan Noh Hwa Young, dan memimpikan balas dendam, dia bekerja sama dengan Do Bae Man, yang pernah berdiri di sisi kejahatan, untuk menyelesaikan rencananya satu per satu.

Kerja sama mereka membuat Cha Woo In membuat rencana permainan sementara Do Bae Man menjalankan aksinya. Selain itu, Cha Woo In menggandakan kesenangan bermain dengan kepribadiannya yang berani dan urutan aksi yang rapi. 

3. Kritik Sosial 

Beberapa episode acara sebenarnya terinspirasi oleh kisah nyata. Keengganan Noh Tae Nam untuk bergabung dengan militer, bahkan dengan ibunya yang menjadi komandan divisi, mengingatkan kita pada isu pembebasan perusahaan dari tugas militer.

Apalagi, bagaimana dia menyeret kasus pelanggaran seksualnya ke pengadilan militer tumpang tindih dengan skandal penyanyi tertentu.

Selain itu, Jaksa Militer Dobermanmenangani isu-isu di dalam militer, seperti korupsi di industri pertahanan, desersi, dan organisasi swasta yang memiliki ikatan kuat, memprovokasi kemarahan dan membangkitkan minat sosial pada saat yang bersamaan.

Namun dalam drama, duo Do Bae Man dan Cha Woo In menghancurkan berbagai jenis penjahat, memberikan kesenangan yang menggembirakan. 

Namun, bagaimana topik terurai sangat mengecewakan. Masalah terbesar adalah bahwa cerita tidak memiliki probabilitas. Subjek utama acara ini adalah jaksa militer dan pengadilan militer, namun hanya ada beberapa adegan di mana pemirsa diberikan kesenangan untuk benar-benar memenangkan kasus setelah twist yang menarik.

Sebaliknya, itu bergantung pada kebetulan dan perkelahian fisik yang sering terjadi. Meski menimbulkan rasa penasaran dengan peristiwa yang terinspirasi dari kasus militer yang sebenarnya, namun kurang dibujuk dalam perkembangannya. Oleh karena itu, pesan kritis sosial yang ingin disampaikan oleh tayangan tersebut.

Namun demikian, dimulai dengan episode 7 ketika Do Bae Man dan Cha Woo In menyelidiki banyak insiden yang disebabkan oleh alat-alat Noh Hwa Young dengan sungguh-sungguh, apa yang kita harapkan dalam karya ini akan muncul sedikit demi sedikit.

Mereka akan menuduh militer tidak masuk akal dengan memaksakan pengorbanan pemuda yang tidak adil untuk kepentingan organisasi dan memberikan kenyamanan dan simpati kepada mereka yang menderita karenanya.

Tentu saja, kita harus melihat apakah upaya semacam itu hanya akan tetap menjadi elemen yang menarik dengan sedikit realisme atau apakah itu akan menjadi kombinasi yang indah dari pesan kritis sosial dan keadilan yang benar-benar ingin disampaikan oleh drama tersebut. 

Itulah 3 alasan kenapa 'Military Prosecutor Doberman' begitu mendebarkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak