facebook

Taklukan Kampus Impian Lewat SBMPTN, Simak Tips Berikut!

Ais Jauhara Fahira
Taklukan Kampus Impian Lewat SBMPTN, Simak Tips Berikut!
Ilustrasi belajar. [Freepik]

Kuliah di kampus negeri impian adalah kebanggaan setiap calon mahasiswa baru. Salah satu cara agar bisa diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Pada 23 Maret lalu telah dibuka pendaftaran SBMPTN untuk calon mahasiswa baru angkatan 2022, mungkin agak terlambat bagi penulis untuk mempublikasikan tips-tips ini. Buat kamu yang belum belajar, jangan cemas! Masih ada waktu buat belajar dan menyusun strategi perang.

Mari persiapkan amunisi berikut buat lolos SBMPTN!

1. Tentukan pilihanmu

Hal yang akan menjadi motif untuk lolos SBMPTN, pertama adalah pilihan ranah mana yang akan dipilih. Apakah ranah sosial atau ranah sains? Meskipun masih bingung dengan program studi apa yang akan diambil setidaknya, seminimal mungkin tentukan ranah sosial atau sainskah yang akan diambil. 

Yuk, tentukan pilihanmu, karena yang  mengerti kamu ya diri sendiri. Kumpulkan informasi sambil rebahan, ketimbang stalking mantan, mending stalking untuk cari tahu apa saja yang akan dipelajari di jurusan impianmu dan bagaimana budaya pergaulannya.

2. Curi start lebih awal

Jika sudah punya motivasi kuat, sebaiknya curilah start belajar lebih awal. Kalau saya sih empat bulan sebelum ujian. 

Agar hemat pinjamlah buku soal-soal SBMPTN dari kakak kelas, soal di website juga banyak bertebaran. Carilah teman yang semangat belajar, masukilah grup-grup pejuang SBMPTN yang beredar di media sosial seperti Facebook dan Whatsapp. 

Di grup semacam itu biasanya banyak orang berbagi soal secara gratis. Gunakan waktu kosongmu untuk menjawab soal-soal, nggak masalah dibilang nolep saat teman-temanmu yang lain nongki sana-sini.

Jam kosong serta jam istirahat adalah waktu yang cocok untuk mencuri start, tetapi jika kamu tipe yang kurang suka keributan, bisa belajar pada waktu dini hari.

3. Bimbel? Emang perlu?

Bimbingan belajar sangat perlu, apalagi bagi orang yang tipe mencerna informasinya harus audiovisual. Tenang, bimbel tak selalu mahal, kini banyak platform online yang menyediakan bimbel murah hingga gratis seperti Quipper, RuangGuru, Zenius, Pahamify, dan lain sebagainya. 

Saya pribadi menggunakan Zenius Expedia, Quipper (beli sendiri) kemudian bertukar akun Quipper dengan teman yang menggunakan Ruang Guru. Sungguh Kombinasi yang mantap.

Sepengalaman saya masing-masing paltform memiliki kelebihan tersendiri, Zenius dengan basic learning serta konsep-konsep yang mantap, Quipper dengan jangkauan materi yang lebih luas, Ruang Guru dengan soal-soalnya yang similiar, mirip-mirip soal asli. Mungkin itu sedikit bocoran dari Saya, sekarang tentukan pilihanmu!

4. Tentukan prioritas

Tentukan prioritas antara belajar untuk Ujian Nasional, Ujian Akhir Sekolah atau nelajar demi masuk perguruan tinggi. Bandingkan apa didapat dengan nilai tingi UN, UAS dengan nilai tinggi SBMPTN. 

Jika dibandingkan hal yang didapat, untuk masa depan Perguruan Tinggi Negeri lebih memberikan banyak janji ketimbang nilai UN dan UAS bukan? Dengan ijazah sarjana bukankah lebih mudah melamar kerja? 

Pandangan orang Indonesiakan memang kebanyakan begitu. Bukan berarti saya merendahkan mereka yang tak melanjutkan studi ke perguruan tinggi, mereka punya kesempatan yang sama tetapi dengan jalan serta alur yang berbeda. 

Namun, tetap saja stigma masyarakat kuliah merupakan sebuah privilege untuk persiapan kerja. Tentukan prioritasmu semenjak mencuri start belajar, agar lebih fokus kemana kamu mengarahkan mata angin masa depanmu.  Saya pribadi hanya menargetkan yang penting lulus, karena pada zaman saya UN bukanlah penentu kelulusan, melainkan UAS. 

5. Ikut Try Out

Untuk mengikuti try out atau simulasi ujian, ada yang berbayar ada yang tidak. Kamu bisa menemukan beberapa try out gratis dengan beberapa syarat di akun-akun Instagram bimbingan belajar.

Kelebihan try out gratis ini, selain hemat juga efisien karena tidak perlu biaya untuk mondar-mandir berkelana, jangkauan orang yang ikut biasanya juga lebih banyak. 

Namun, belum tentu hasil try out tersebut sepenuhnya valid, bisa saja kamu atau temanmu, atau sainganmu di ujung pulau jawa sana mengerjakannya dengan bantuan teman dan Google.

Jika domisilimu di perkotaan tentu mudah untuk mengikuti try out berbayar yang biasanya dilaksanakan di lokasi tertentu. Kelebihannya adalah lebih minim kecurangan selain itu kesempatan buatmu bertatap muka langsung dengan pejuang lainnya. Keuntungan lainnya jika beruntung mendapat hadiah serta sertifikat. Selain itu nilai try out dapat dijadikan sebagai evaluasi dari proses belajarmu.

6. Persiapkan strategi belajar

Siapkan rencana belajar yang sesuai dengan gayamu. Buatlah target dalam sehari harus memahami apa dan menjawab berapa soal. Waktunya tergantung dengan gaya belajarmu. Sebagai contoh, saya menargetkan minimal 10 soal per-hari, untuk materi saya acak saja tergantung mood dan nilai simulasi. 

Setiap harinya satu hingga dua materi, dengan waktu pelaksanaan jam istirahat sekolah dan malam hari. Kamu juga dapat menggunakan pomodoro teknik ketika jenuh saat belajar.

7. Berdo’a dan minta restu

Jangan lupa berdoa kepada tuhan jika kamu percaya tuhan. Berserah diri kepada tuhan dan berharap yang terbaik. Kemudian mintalah restu serta dukungan dari orang-orang terdekatmu, terutama orang tua. Soal restu kamu bisa bicarakan terlebih dahulu dengan orang tuamu. Jangan sampai gagal karena terhalang restu orang tua.

Nah, itu dia beberapa tips meraih untuk taklukan kampus impian. Cukup sekian tipsnya semoga bermanfaat. Semoga berhasil di SBMPTN 2022!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak