facebook

Punya Ngarai Terdalam di Eropa, Ini 4 Fakta Montenegro

Ahmad Irfan Ramadhan
Punya Ngarai Terdalam di Eropa, Ini 4 Fakta Montenegro
Foto udara Pulau Mamula di Montenegro (Amusingplanet)

Montenegro adalah salah satu negara kecil di Benua Eropa yang tergabung ke dalam negara Balkan atau negara yang letaknya di bagian tenggara Benua Eropa. Menyadur dari bigseventravel berikut ini adalah 4 fakta Montenegro.

1. Montenegro adalah salah satu negara termuda di dunia

Pada tahun 2006, setelah beberapa dekade mengalami kekacauan politik, Montenegro mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia dan menjadi negara yang berdaulat. PBB mengakuinya sebagai anggota ke-192 pada 27 Juli 2006. Hanya Kosovo (2008) dan Sudan Selatan (2011) yang merupakan negara baru setelah Montenegro (2006).

2. Kaya akan sejarah

Penyebutan pertama Montenegro dimulai pada abad pertengahan awal. Pada abad ke-9, bekas provinsi Romawi Dalmatia terpecah menjadi tiga kerajaan, yaitu Duklja, Travunia, dan Rascia. Setelah berabad-abad pemberontakan dan perang, Ottoman menguasai sebagian besar negara antara 1496 dan 1878. Republik Venesia menguasai beberapa wilayah juga. Dari 1918 sampai kemerdekaan Montenegro adalah bagian dari Yugoslavia. Montenegro memiliki empat situs warisan dunia. Dua situs paling terkenal adalah Teluk Kotor dan Taman Nasional Durmitor.

3. Montenegro adalah rumah bagi ngarai terbesar di Eropa

Tara River Canyon, yang melintasi Montenegro dan Bosnia dan Herzegovina adalah ngarai terdalam yang ada di Eropa yang dikenal juga dengan 'The Tear of Europe' yang memiliki panjang 1300 m (4265 kaki). Ngarai ini terjepit di antara pegunungan dan hanya dapat diakses melalui air yang dapat memacu adrenalin.

4. Montenegro adalah surga bagi pecinta burung

Danau Skadar adalah danau terbesar di wilayah Balkan. Legenda lokal mengatakan bahwa danau itu terbentuk karena air mata peri. Sebagian besar danau (dua pertiga) terletak di Montenegro, sedangkan sepertiga sisanya terletak di Albania. Negara ini adalah surga bagi pencinta burung, dengan lebih dari 270 spesies burung dan kesempatan untuk melihat sebanyak 40.000 burung dalam satu perjalanan. Sekitar 90% dari burung-burung ini bermigrasi dan pengunjung kembali yang terkenal termasuk Pelican Dalmatian, Pygmy Cormorant, Spoonbill, Squacco Heron, Glossy Ibis, Elang Ular Berjari Pendek, Bebek Ferruginous, dan Grebe Leher Merah. Kawanan besar flamingo merah muda juga ada disini.

Itulah 4 fakta Montenegro. Apakah kamu berkeinginan datang ke mari?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak