facebook

Novel Stupid in Love: Mengurai Persoalan Pelik dalam Sebuah Rumah Tangga

Sam Edy Yuswanto
Novel Stupid in Love: Mengurai Persoalan Pelik dalam Sebuah Rumah Tangga
Novel "Stupid in Love" (Dokumen pribadi/ Sam Edy)

Novel Stupid in Love, Karena Cinta adalah Segalanya karya Abdullah Harahap ini menarik disimak. Mengisahkan keluarga yang sarat konflik. Meski dikelilingi harta benda berlimpah, tapi sejatinya kehidupan masing-masing anggota keluarga yang ada di dalamnya diliputi persoalan-persoalan yang pelik.

Dalam keluarga tersebut, Lukman sebagai kepala rumah tangga yang memiliki jabatan mentereng, Inspektur Polisi. Sementara Rosalia sebagai istri, mencoba menyibukkan diri dengan beragam kegiatan di luar rumah untuk melupakan segala problem rumah tangganya. Rosalia tak menolak waktu ditawari jabatan pimpinan dalam organisasi wanita yang masih ada hubungan dengan instansi tempat suaminya bekerja.

Lukman dan Rosalia memiliki dua anak, lelaki dan perempuan yang kurang mendapat kasih sayang orangtua. Si perempuan bernama Erika yang sudah menjadi gadis remaja. Sementara Luki, si bungsu juga sudah menjadi remaja tanggung juga kerap bermasalah di sekolahnya. Meski masih kelas dua SMP, tapi Luki sudah hobi berkelahi. Hanya kedudukan ayahnya saja yang menolongnya terlepas dari kesulitan dan ancaman dikeluarkan dari sekolah.

Erika, kakak Luki lebih parah pergaulannya. Ia memiliki pacar bernama Alex, pemuda yang gemar balap motor itu sudah diusir dari rumah orangtuanya. Alex terpaksa menggantungkan hidupnya dari sanak keluarga yang lain, dan dari mengorek dompet pacar-pacarnya, termasuk Erika.  

Persoalan demi persoalan terus bermunculan dalam rumah tangga Lukman dan Rosalia. Dulu, Lukman dan Rosalia pernah melakukan hubungan terlarang. Mereka berani melakukan hubungan badan ketika masih pacaran. Untung saja, tak berselang lama Lukman datang melamar dan akhirnya menikahi Rosalia. 

Kini, Erika, anak sulung mereka seolah terkena karma orangtuanya. Bahkan lebih parah. Erika yang masih sekolah, hamil di luar nikah. Alex, pacarnya yang telah menghamilinya tampak tidak suka melihat pacarnya hamil. Ia malah lebih peduli dengan aktivitas balapan motornya bersama teman-temannya. 

Di saat Erika berusaha menutupi kehamilan dari keluarganya, muncul berita mengejutkan: ayahnya ditahan karena terlilit masalah manipulasi. Untungnya Erika masih memiliki Tante Sunarti yang berusaha memahami kondisinya, termasuk kondisi kehamilannya. 

Jadi, Tante Sunarti, adik ipar ayahnya itu, memang tinggal di rumah orangtua Erika. Tak hanya Tante Sunarti, tapi juga Om Paul, suaminya yang memiliki latar belakang kehidupan yang juga brengsek; doyan mabuk-mabukan dan bermain wanita di luar rumah.

Kisah keluraga Lukman dan Rosalia beserta anggota keluarga lainnya dalam novel ini cukup menarik dan meninggalkan pelajaran berharga pada pembaca. Salah satu pelajaran berharga yang bisa dipetik adalah: hati-hatilah bergaul dengan lawan jenis, terlebih bila usia anak sudah mulai beranjak remaja, jangan sampai anak terjerumus pergaulan terlarang akibat salah pergaulan dan kurang adanya kasih sayang dari kedua orangtuanya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak