facebook

Ulasan Buku 'The Power of Creativity'

Niam At Majha
Ulasan Buku 'The Power of Creativity'
Buku The Power Of Creativity (Dok. Pribadi/niamatmajha)

Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan kata kreativitas sebagai kemampuan untuk mencipta atau daya cipta. Mencipta disini bukan berarti mencipta dari sesuatu yang belum ada menjadi ada. Mencipta yang dimaksud adalah menciptakan suatu gagasan baru untuk mengolah materi yang sudah ada menjadi lebih bermanfaat. Dengan kata lain, kreativitas adalah kemampuan menciptakan dan mewujudkan gagasan baru untuk meningkatkan nilai tambah atau manfaat dari bahan bahan yang sudah tersedia.

Selama ini kreativitas atau bagaimana menjadi kreatif kerap kali hanya dihubungkan dengan sosok seniman. Berbeda dengan buku ini, kita akan mendapatkan pengetahuan baru tentang apa itu kreativitas dan bagaimna menjadi kreatif. Kreativitas adalah daya cipta atau kemampuan menciptakan sesuatu yang baru dari hal hal yang sudah ada yang sangat perlu dimiliki oleh setiap orang. Apabila seseorang mampu memiliki daya kreatif, dia akan menciptakan kehidupan yang tidak membosankan.

Sebab, menjadi manusia kreatif itu sangat penting dan bermanfaat bagi seluruh bidang kehidupan. Kreativitas mampu menciptakan ribuan kesempatan. Apabila membaca buku ini dengan hasrat yang kuat agar menjadi orang kreatif, maka buku ini akan memberikan manfaat yang maksimal, di dalam buku ini terdapat tujuh manfaat yakni, memahami  kreativitas dalam arti yang sebenarnya, memahami peranan penting kreativitas, menjadi orang yang lebih kreatif, mampu mengembangkan kreativitas diri sendiri, mampu mengembangkan kreativitas orang lain, mampu menerapka kreativitas, mengetahui cara menikmati kreativitas.

Hasil kreativitas tidak hanya berupa benda berwujud, tetapi bisa berupa benda tak berwujud, seperti buah pikiran, pengetahuan, sistem,gerakan, dan gaya atau sikap. (Halaman 6)

Tanpa kreativitas kita akan hidup dengan fasilitas yang sangat terbatas. Kita hanya menggunakan segala sesuatu yang telah alam sediakan dalam wujud mentah tanpa mampu mengolahnya lebih lanjut atau memberikan nilai tambah. Tanpa kreativitas kita tidak mungkin bisa memanfaatkan listrik, BBM, kertas, logam, dan sebagainya.

Buku  merupakan buku yang akan mendorong dan memotivasi kita untuk mengembangkan kreativitas. Buku ini akan menunjukkan apabila ada sesuatu yang luar biasa dalam diri kita, tetapi belum dimanfaatkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak