facebook

Ulasan Buku "Cinta, Luka, dan Bahagia," Kutipan Puisi Kahlil Gibran

Fachry Fadillah
Ulasan Buku "Cinta, Luka, dan Bahagia," Kutipan Puisi Kahlil Gibran
Cinta Luka dan Bahagia (DocPribadi)

Siapa yang tidak mengenal dengan Gibran Kahlil Gibran? Para penikmat karya sastra tentu mengenal dengan sosok penyair yang satu ini. Kahlil Gibran, begitulah khalayak mengenalnya, merupakan seorang penyair kelahiran Bsharri, Lebanon, pada 6 Januari 1883 yang banyak menjalani proses kreatifnya di Amerika Serikat. Kahlil Gibran merupakan penyair yang cukup produktif dengan kualitas karya-karyanya yang mampu memperkaya khazanah kesusastraan dunia, yang membuat karya-karya beliau sangat diperhitungkan di dunia Barat maupun Timur.

Karya-karya puisi sang penyair satu ini seringkali menggambarkan realitas dengan menggunakan gaya bahasa yang cenderung liris serta menggunakan metafor-metafor imajinatif, sehingga hampir secara keseluruhan karya beliau dapat memberikan 'efek' atau dorongan kepada para pembacanya, dan efek itu sendiri seringkali bersifat spiritual, romansa, hingga intelektual. 

Ada banyak sekali karya puisi beliau, dan banyaknya karya puisi beliau itu barangkali pernah membuat kita terpukau atau jatuh cinta, sehingga bukan tidak mungkin bagi kita pernah mengutip beberapa bagian dari puisinya itu, untuk berbagai kepentingan tertentu. Kali ini, saya akan mengulas sebuah buku yang memuat berbagai kutipan-kutipan puisi karya Kahlil Gibran. Buku tersebut merupakan semacam rangkuman puisi-puisinya Kahlil Gibran, yang diterbitkan secara kolektif oleh Penerbit Baca. Adapun ulasan mengenai buku tersebut akan saya mulai pada bagian berikutnya. 

Buku kumpulan kutipan puisi Kahlil Gibran yang akan saya ulas ialah "Cinta, Luka, dan Bahagia." Buku ini memuat kutipan dari berbagai puisi-puisinya Kahlil Gibran dengan menggunakan background halaman yang unik. Buku ini memuat sekitar 132 kutipan puisi Kahlil Gibran, dengan sematan biografi Kahlil Gibran di lembar awal buku. Hal yang menarik lainnya ialah bahwa dalam buku ini dimuat berbagai kutipan puisi Kahlil Gibran dari berbagai zaman, dari saat Kahlil Gibran masih menetap di Lebanon hingga proses kreatifnya saat Kahlil Gibran sudah hijrah ke Amerika Serikat.

Selain itu, buku ini sangat bisa mempengaruhi kalian dalam menangani kondisi batin, karena hampir seluruh kutipan dalam buku ini bersifat seperti 'petuah' dari seorang Kahlil Gibran. Buku ini amat cocok dibaca bagi kalian yang sedang mengalami kegelisahan, atau bagi kalian yang penasaran terhadap karya-karya Kahlil Gibran yang belum pernah dipublikasikan. Buku ini menurut saya juga bisa dipakai untuk kolase estetik, yang cocok bagi kalian yang suka pamer 'quotes' di media-media sosial. 

Itu tadi merupakan sedikit ulasan mengenai sebuah buku kutipan puisi karya Kahlil Gibran yang berjudul "Cinta, Luka, dan Bahagia", yang mana isi dalam buku tersebut dikumpulkan secara kolektif oleh Penerbit Baca. Itu saja yang ingin saya sampaikan, kurang serta lebihnya saya ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak