facebook

Curug Cibadak Keindahan Air Terjun di Tepi Jalan

Sahrul Imam
Curug Cibadak Keindahan Air Terjun di Tepi Jalan
Keindahan Curug Cibdak dilihat dari tepi jalan (Dok. pribadi/Sahrul Imam)

Keindahan dan kekayaan Garut selatan tidak hanya terletak pada pantainya saja. Namun, sekarang ini di media sosial sudah banyak bermunculan objek wisata air terjun yang dapat memanjakan mata berkat keindahan alamnya.

Salah satunya yaitu Curug Cibadak yang berlokasi tepat di tepi jembatan di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut.

Menurut warga sekitar, awal mula dinamakan Curug Cibadak karena Curug Ini terletak di aliran sungai Cibadak yang dalam bahasa sunda kata “Badag” jika dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Besar”.

Curug Cibadak ini mulai dikelola oleh masyarakat Desa Cisangkal sekitar akhir tahun 2016 dengan memberlakukan tiket masuk. Walaupun sudah mulai dikelola, namun keadaan curug masih sangat asri dan belum ada penambahan fasilitas dikarenakan sumber daya dan sumber dana yang terbatas. 

Walaupun berada di daerah selatan Garut, namun keindahan Curug Cibadak yang memiliki dua tingkatan air terjun ini mulai menarik pengunjung dari berbagai daerah Garut ataupun luar kota.

Curug Cibadak ini diperkirakan memiliki ketinggian lebih dari 100 meter, letak Curug Cibadak tidak jauh dari jalanan desa yaitu berada di samping kiri jalan, bahkan dari jalan pun Anda sudah bisa menikmati Pemandangan Curug Cibadak karena letaknya yang hanya beberapa meter dari jalanan desa.

Untuk menuju lokasi curug dari pusat kota Garut diperkirakan memakan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan, tetapi kalian tidak akan merasa bosan selama di perjalanan karena akan banyak pemandangan yang menyejukkan mata.

Dengan kontur jalanan melewati perbukitan, untuk akses menuju curugnya masih ada jalan yang aspal mulai tergerus dan hanya menyisakan tanah dan bebatuan, sehingga pastikan kendaraan anda dalam berada kondisi aman.

Belum terdapat banyak fasilitas yang ada di sekitar curug ini, tetapi sudah tersedia warung dan area parkiran yang tidak jauh dari curug, berdasarkan pantauan paska libur lebaran terlihat ada pembangunan berupa gazebo dan spot foto di dekat curug.

Untuk tiket masuk paska lebaran, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 3000 per orang dan Rp 2000 ribu untuk parkir kendaraan motor, sungguh harga yang sangat terjangkau untuk menyaksikan keindahan alam di Garut selatan ini. Selamat beragenda, selamat berkelana.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak