facebook

5 Fakta Turkmenistan, Negara yang Diklaim Punya Gerbang Neraka

Ahmad Irfan Ramadhan
5 Fakta Turkmenistan, Negara yang Diklaim Punya Gerbang Neraka
Kawah "Neraka" Darvaza, Turkmenistan.[Unsplash.com]

Turkmenistan merupakan salah satu negara yang terletak di Benua Asia tepatnya di bagian tengah Benua Asia. Turkmenistan merupakan salah satu negara Asia yang sebelumnya tergabung ke dalam Uni Soviet. Sama halnya seperti negara-negara lain, Turkmenistan juga memiliki berbagai macam keunikan yang mungkin hanya bisa dijumpai di negara ini.

Menyadur dari www.gadventures.com berikut ini adalah 5 fakta tentang Negara Turkmenistan.

1. Turkmenistan adalah salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia

Turkmenistan menjadi salah satu negara yang paling jarang dikunjungi di dunia, dengan hanya 8.900 pengunjung pada tahun 2012. Hal ini disebabkan oleh aturan visa yang rumit yang mempersulit untuk mendapatkan semua dokumen yang sesuai.

2. 70% wilayah Turkmenistan ditutupi oleh gurun

Gurun adalah salah satu bentuk geografis yang menonjol karena sebagian besar negara ini menjadi tempat bagi Gurun Karakum yang luas. Sejarawan mengatakan bahwa tempat ini menjadi rumah bagi para raksasa sekitar 30 juta tahun yang lalu.

3. Kawah gas Darvaza terbentuk karena ulah manusia

Salah satu daya tarik terbesar bagi para turis asing di Turkmenistan, kawah gas Darvaza, terus menyala di tengah gurun. Dikenal sebagai "gerbang neraka", kawah gas benar-benar memberikan sensasi bagi turis yang berkunjung melihat "neraka" menatap ke neraka, terutama di malam hari ketika api merah menyala menantang kegelapan malam. Kawah ini bukanlah terbentuk karena fenomena alam, melainkan hasil dari kesalahan yang dibuat oleh sekelompok ahli geologi Soviet yang mengebor gas alam pada tahun 1971.

4. Turkmenistan adalah rumah bagi beberapa kota Jalur Sutra

Meskipun pemandangan Jalur Sutra Turkmenistan mungkin tidak setenar tetangganya, Uzbekistan, mereka mengesankan dengan cara yang unik, otentik dan tidak terganggu. Bersama-sama mereka membentuk cerita menarik tentang peran yang dimainkan di kawasan ini sebagai pusat perdagangan di sepanjang Jalur Sutra antara abad ke-8 hingga ke-13.

5. Ashgabat, ibu kotanya yang ada dalam Guinness Book of World Records

Ibu kota Turkmenistan yang unik dijuluki "Las Vegas meets Pyongyang". Tampilan unik berasal dari jalan raya besar, air mancur, patung megah, dan bangunan putih berkilau. Ini semua berkat pembangunan besar-besaran yang diprakarsai oleh mantan Presiden Saparmurat Niyazov setelah negara itu memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991.

Itulah tadi 5 fakta negara Turkmenistan. Bagaimana, apakah kamu tertarik mengunjungi "gerbang neraka" di negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak