facebook

Inilah 5 Fakta Bolivia, Cermin Alam Terbesar di Dunia Ada di Negara Ini!

Ahmad Irfan Ramadhan
Inilah 5 Fakta Bolivia, Cermin Alam Terbesar di Dunia Ada di Negara Ini!
Salar de Uyuni, Danau Garam Terbesar di Dunia.(Unsplash.com)

Bolivia adalah salah satu negara yang terletak di Benua Amerika bagian selatan/Amerika Selatan. Bolivia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman budaya serta sejarah yang kaya dan dinamis. Untuk mengenal lebih jauh tentang Bolivia tentu saja kita dapat mengetahui terlebih dahulu apa saja yang ada di negara ini. Menyadur dari www.southamericabackpacker.com berikut ini adalah 5 fakta tentang Bolivia.

1. Bolivia adalah rumah bagi lebih dari 30 bahasa 

Bolivia adalah salah satu negara yang menggunakan Bahasa Spanyol pada bahasa resminya. Meskipun demikian, banyak bahasa lain yang digunakan di negara ini. Konstitusi 2009 mencantumkan total 37 bahasa, beberapa di antaranya sekarang sudah punah. Semua bahasa asli secara resmi diakui, dengan Quechua menjadi yang paling banyak digunakan. Selain Quechua yang sebagian besar digunakan di Andes, Chiquitano digunakan di Santa Cruz, Guaraní di perbatasan dengan Paraguay dan Aymara di Altiplano.

2. La Paz bukanlah ibu kota Bolivia

Banyak orang yang menganggap bahwa La Paz adalah ibu kota dari Bolivia. Namun, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. La Paz adalah ibu kota administratif, artinya di sinilah pemerintahan berada. Jika kita berbicara tentang ibukota administratif, sebenarnya kota ini adalah ibukota tertinggi di dunia.

Sucre terletak di dataran tinggi selatan Bolivia dan merupakan ibu kota konstitusional. Karena di sanalah Mahkamah Agung berada. Meskipun La Paz secara teknis masih ibu kota, Sucre adalah ibu kota yang sebenarnya seperti yang tercantum pada Konstitusi Bolivia.

3. Salar de Uyuni, danau garam terbesar di dunia

Salar de Uyuni memiliki luas 10.582 kilometer persegi. Saking besarnya tempat ini sampai dijuluki "cermin alami terbesar di dunia". Salar de Uyuni berada di tempat danau prasejarah, Lago Minchin sekitar 40.000 tahun yang lalu. Perubahan iklim dari basah ke kering dikombinasikan dengan kenaikan suhu yang besar menyebabkan danau mengering yang menyebabkan terbentuknya kerak garam yang tebal. Saat ini, tingkat penguapan sekitar 10 kali lebih banyak dari curah hujan yang berarti akan selalu ada garam di permukaan tanah. 

4. La Paz adalah kota tertinggi di dunia

Sebagai salah satu negara yang memiliki ketinggian tertinggi di dunia, tak heran jika di Bolivia terdapat kota dengan ketinggian yang sangat tinggi. Contohnya La Paz yang memiliki ketinggian 3640 meter menjadikannya kota tertinggi yang ada di dunia.

5. Bendera Bolivia adalah simbol dari sejarahnya

Bendera Bolivia adalah triband horizontal, dengan warna merah di bagian atas, kuning di tengah dan hijau di bagian bawah. Lambang Bolivia berada di tengah dan menampilkan bendera dan kanon dengan burung nasional di atasnya. Bendera merah dikatakan mewakili darah yang ditumpahkan oleh tentara pemberani selama perjuangan kemerdekaan dari Spanyol. Kuning berarti deposit mineral negara dan hijau melambangkan pertanian dan kesuburan.

Itulah 5 fakta tentang Bolivia. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak