facebook

6 Fakta Kazakhstan, Negara yang Memiliki Beragam Etnis

Ahmad Irfan Ramadhan
6 Fakta Kazakhstan, Negara yang Memiliki Beragam Etnis
Peta Kazakhstan (Unsplash.com/naruedom)

Kazakhstan adalah salah satu negara yang terletak di Asia Tengah. Ibukota negara ini adalah Nursultan. Kazakhstan adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Negara ini juga dulunya merupakan bagian dari Uni Soviet sebelum mencapai kemerdekaan pada tahun 1991. Menyadur dari bigseventravel, berikut ini adalah 6 fakta negara Kazakhstan.

1. Kazakhstan adalah salah satu negara yang memiliki perbatasan internasional terpanjang di dunia

Membentang lebih dari 7.500 kilometer, perbatasan Kazakhstan dengan Rusia adalah salah satu perbatasan terpanjang di dunia. Hal ini menjadikan perbatasan Kazakhstan-Rusia menjadi yang terpanjang kedua di dunia setelah perbatasan Kanada-Amerika Serikat yang mencapai 8.891 kilometer.

2. Kazakhstan sangat beragam secara etnis

Kazakhstan sangat beragam dalam hal etnis. Faktanya, Kazakhstan adalah rumah bagi 120 kelompok etnis dan suku. Setelah etnis Kazakh, kelompok etnis terbesar lainnya terdiri dari Rusia, Ukraina, dan Uzbek.

3. Kazakhstan adalah negara yang terkurung daratan terbesar di dunia

Kazakhstan adalah negara terbesar ke-9 di dunia dan negara terbesar di dunia tanpa akses ke laut. Sumber daya air utama bagi bangsa ini bersumber dari gletser, danau, dan waduk.

4. Arti nama "Kazakhstan"

Nama Kazakh diterjemahkan menjadi pengembara atau mandiri. Nama ini berbicara tentang sejarah kuno bangsa Kazakhstan ebagai pengembara dan semangat kemerdekaan yang mengakar dalam budaya Kazakh. Jika diterjemahkan secara langsung, Kazakhstan secara harfiah berarti "Tanah Pengembara".

5. Kazakhstan memiliki salah satu danau terbesar di dunia

Danau Balkhash memegang gelar sebagai danau terbesar ke-15 di dunia dan salah satu yang terbesar di seluruh Asia. Terbentang 16.400 kilometer persegi, ukurannya sangatlah besar. Namun, yang membuatnya unik adalah fenomena alamnya di dalam perairan.

6. Kazakhstan memiliki 5 situs UNESCO

Untuk sebuah negara seukuran Kazakhstan, biasanya situs UNESCO yang dimiliki terbilang sedikit. Namun, yang dimiliki negara ini sungguh menakjubkan. Negara ini memiliki 5 situs UNESCO yang terdiri dari tiga situs budaya dan dua situs alam. Dari Petroglyphs Tamgaly hingga danau murni Saryarka, keragaman antara situs budaya dan alam UNESCO berbicara dengan kelimpahan lanskap dan keindahan sejarah di seluruh negeri.

Itulah tadi 6 fakta negara Kazakhstan. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak