facebook

4 Fakta Zimbabwe, Salah Satu Negara dengan Bahasa Resmi Terbanyak di Dunia

Ahmad Irfan Ramadhan
4 Fakta Zimbabwe, Salah Satu Negara dengan Bahasa Resmi Terbanyak di Dunia
Peta dan Bendera Zimbabwe (Unsplash.com/Pawel Gaul)

Zimbabwe adalah negara yang terletak di bagian selatan benua Afrika. Ibukota Zimbabwe adalah Harare. Dahulunya Zimbabwe adalah salah satu negara jajahan Inggris, tak heran jika salah satu bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris. Zimbabwe adalah mantan anggota dari commonwealth (negara persemakmuran Inggris). Negara ini menyatakan keluar dari commonwealth pada tahun 2003. Zimbabwe memiliki beragam fakta dan keunikan yang dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari bigseventravel, berikut ini adalah 4 fakta Zimbabwe.

1. Zimbabwe adalah negara yang terkurung oleh daratan

Zimbabwe adalah negara yang terkurung daratan dan berbatasan dengan Botswana, Mozambik, Afrika Selatan, Zambia, dan Namibia. Ibukotanya adalah Harare yang juga merupakan kota terbesar di negara ini.

2. Zimbabwe adalah salah satu negara dengan bahasa resmi terbanyak di dunia

Zimbabwe memiliki 16 bahasa resmi. Bahkan, Zimbabwe pernah mendapatkan rekor dunia Guinness sebagai negara dengan bahasa resmi terbanyak di dunia. Bahasa resmi Zimbabwe adalah Chewa, Chibarwe, Inggris, Kalanga, Khoisan, Nambya, Ndau, Ndebele, Shangani, Shona, bahasa isyarat, Sotho, Tonga, Tswana, Venda, dan Xhosa.

3. Zimbabwe memiliki salah satu air terjun terbesar di dunia

Air terjun Victoria yang terletak di perbatasan Zimbabwe dan Zambia adalah air terjun terbesar di dunia. Air terjun Victoria adalah salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia. Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 915 meter di atas permukaan laut (amsl) dan lebar 1.708 meter. UNESCO juga memasukkan air terjun ini ke dalam situs warisan dunia.

4. Bendera Zimbabwe penuh makna

Zimbabwe adalah negara Afrika terakhir yang memperoleh kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Inggris. Zimbabwe mendapatkan kemerdekaannya pada 18 April 1980. Pada saat yang sama, bendera Zimbabwe dikibarkan untuk pertama kalinya pada tengah malam untuk menandai kemerdekaan. Bendera ini penuh dengan simbolisme. Warna hijau mewakili vegetasi dan pertanian. Warna emas melambangkan kekayaan mineral negara. Warna merah melambangkan darah yang ditumpahkan selama perang pembebasan. Warna hitam mewakili mayoritas warna kulit penduduk. Segitiga putih melambangkan perdamaian. Bintang merah mewakili aspirasi bangsa dan burung emas adalah "Great Zimbabwe Bird" yang merupakan simbol nasional Zimbabwe.

Itulah tadi 4 fakta negara Zimbabwe. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak