facebook

5 Fakta Lesotho, Salah Satu di Dunia yang "Terkurung" Negara Lain

Ahmad Irfan Ramadhan
5 Fakta Lesotho, Salah Satu di Dunia yang "Terkurung" Negara Lain
Peta dan Bendera Lesotho.(Unsplash.com/MarkRubens)

Lesotho adalah negara yang terletak di bagian selatan Benua Afrika. Ibukota Lesotho adalah Maseru. Dahulunya Lesotho adalah salah satu negara jajahan Inggris dan sekarang tergabung ke dalam anggota negara persemakmuran Inggris (commonwealth), tak heran jika salah satu bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris. Lesotho memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari bigseventravel.com berikut ini adalah 5 fakta negara Lesotho.

1. Lesotho adalah negara enklave (terkurung oleh negara lain)

Lesotho atau Kerajaan Lesotho adalah negara yang terkurung daratan dan tidak memiliki akses ke laut. Lesotho adalah negara yang terkurung oleh Afrika Selatan. Hanya ada tiga negara enklave di dunia. Dua negara enklave lainnya adalah San Marino dan Vatikan, keduanya berada di Italia. Dengan demikian, Lesotho adalah negara terkurung daratan paling selatan di dunia.

2. Dahulunya Kerajaan Lesotho adalah jajahan Inggris

Basutoland adalah nama lama dari Lesotho. Nama resmi negara ini adalah Kerajaan Lesotho. Bangsa ini memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1966 setelah 100 tahun diduduki oleh pemerintahan kolonial. Nama Lesotho jika diterjemahkan artinya adalah "Negeri Pembicara Sesotho". Bahasa resmi Lesotho adalah Sesotho dan Inggris.

3. Anda dapat bermain ski di Lesotho

Lesotho adalah salah satu tempat di Afrika di mana Anda dapat bermain ski dan snowboarding. Afriski di pegunungan Maluti adalah resor pegunungan populer yang terletak di ketinggian lebih dari 3.222 meter (10.570 kaki). Lereng ski ini buka di musim dingin dari Juni hingga Agustus dan resor pegunungan buka sepanjang tahun.

4. Penambang Lesotho menemukan salah satu berlian kasar terbesar di dunia

Pada tahun 2018, penambang Lesotho menemukan salah satu berlian terbesar yang pernah ditemukan. Berlian ini ditemukan di Tambang Berlian Letšeng. Pada ketinggian 3.100 meter (10.000 kaki), tambang berlian Letšeng adalah tambang berlian tertinggi di dunia. Penambang menemukan batu warna tipe IIa diamond berukuran 910 karat.

5. Lesotho memiliki pub tertinggi di Afrika

Terletak pada ketinggian 9.429 kaki (2.874 meter), Sani Mountain Lodge adalah pub tertinggi di Afrika. Pub ini terletak tepat di perbatasan antara Afrika Selatan dan Lesotho.

Itulah tadi 5 fakta negara Lesotho. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak