facebook

6 Rekomendasi Pantai di Tuban yang Cocok Menjadi Destinasi Liburan

Shintia Rahma
6 Rekomendasi Pantai di Tuban yang Cocok Menjadi Destinasi Liburan
Pantai Sowan (dok. pribadi/shintiarahma)

Pantai merupakan salah satu wisata alam yang paling sering dikunjungi oleh orang-orang saat liburan untuk melepas penat. Suasana yang tenang dan deburan ombak membuat siapa saja betah berlama-lama bermain di pinggir pantai.

Tuban merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang tidak hanya terkenal dengan wisata religinya saja tetapi juga menyimpan banyak wisata pantai yang indah dan memesona.

Berikut enam pantai di Tuban yang cocok menjadi tempat healing kamu saat liburan.

1. Pantai Sowan

Pantai Sowan (dok. pribadi)
Pantai Sowan (dok. pribadi/shintiarahma)

Pantai yang berlokasi di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban ini memiliki wilayah yang luas dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Untuk masuk ke Pantai Sowan kamu perlu membayar tiket sejumlah Rp10.000/orang saat weekday dan Rp12.000/orang saat weekend. Jumlah tersebut belum termasuk biaya parkir yaitu Rp5000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. 

Saat memasuki Pantai Sowan kamu bisa berjalan-jalan di pinggir pantai sambil bermain pasir atau piknik bersama keluarga, sahabat atau pacar. Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap mulai dari parkir yang luas, mushola, kamar mandi, kantin dan spot foto yang instagramable.

Tidak hanya menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa menaiki wahana yang tersedia seperti flying fox dan sepeda gantung dengan dikenakan tarif khusus. Selain itu kamu juga bisa berkemah di Pantai Sowan dengan meminta izin terlebih dahulu kepada petugas.

2. Pantai Kelapa

Pantai Kelapa (Foto: Instagram/pantaikelapa.panyuran.tuban
Pantai Kelapa (Foto: Instagram/pantaikelapa.panyuran.tuban

Pantai Kelapa merupakan destinasi wisata pantai yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Tuban dan sekitarnya. Sesuai dengan namanya, pantai yang berlokasi di Desa Panyuran, Kecamatan Palang ini berada di wilayah yang banyak pohon kelapanya. Untuk menikmati keindahan Pantai Kelapa kamu cukup membayar Rp5000 untuk tiket masuk dan biaya parkir Rp2000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk mobil. Sangat terjangkau bukan. 

Kamu bisa bersantai sambil menggelar tikar dan menikmati buah kelapa muda. Terdapat sebuah dermaga yang sering menjadi spot foto pengunjung dan di dermaga ini kamu dapat melihat jelas keadaan lautnya. Selain menikmati keindahan pantainya, kamu bisa mencoba fasilitas lain yang ditawarkan seperti flying fox, kolam renang, arena berkuda, ATV, panggung hiburan dan tempat bermain anak. 

3. Pantai Mangrove

Sunrise di Pantai Kelapa (dok. pribadi)
Sunrise di Pantai Kelapa (dok. pribadi/shintiarahma)

Pantai Mangrove berlokasi di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Pantai yang memiliki hutan bakau yang luas ini tidak hanya menawarkan keindahan pantainya saja tetapi juga sebagai tempat edukasi, penangkaran satwa, perkemahan dan outbond. Saat kamu memasuki pantai ini kamu akan disuguhkan hamparan pohon mangrove dan tenda-tenda perkemahan yang berjejer di pinggir pantai. Kamu akan dikenakan ongkos Rp5000 untuk memasuki tempat budidaya mangrove dan gratis jika hanya berkunjung di sekitar pantainya saja

Daya tarik lain dari Pantai Mangrove adalah keindahan sunrisenya. Pemandangan matahari terbit di pantai ini sangat memesona apalagi diiringi dengan kicauan burung-burung yang semakin menambah syahdu suasana pagi hari. Fasilitas yang tersedia di Pantai Mangrove sudah cukup lengkap mulai dari penginapan, warung-warung, mushola, gazebo dan kamar mandi.

4. Pantai BOM

Pantai BOM (Foto: tubankab.go.id)
Pantai BOM (Foto: tubankab.go.id)

Pantai yang berlokasi di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten ini dulunya pernah menjadi pelabuhan, tepatnya pada zaman kerajaan Majapahit. Letaknya yang strategis yaitu di sebelah Alun-Alun Tuban menjadikan pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat hari libur maupun hari-hari biasa.

Untuk masuk ke Pantai BOM kamu perlu membayar Rp6000 untuk dewasa dan Rp4000 untuk anak-anak saat weekdays. Sedangkan saat weekend kamu perlu membayar Rp8000 untuk dewasa dan Rp6000 untuk anak-anak.

Jika kamu membayangkan pantai dengan pasir putih di pinggir pantainya maka kamu tidak akan menemukannya di Pantai BOM karena pantai ini berupa tanjung (daratan yang menjorok ke lautan). Pantai yang berupa tanjung memiliki ombak yang tenang sehingga kamu bisa mencoba menaiki perahu yang disewakan oleh masyarakat setempat untuk menyusuri lautnya.

Daya tarik lain dari Pantai BOM adalah adanya area memancing. Bagi kamu yang hobi memancing Pantai ini menjadi destinasi yang cocok untuk mengisi waktu libur kamu. Jangan khawatir bagi kamu yang datang ke pantai bersama anak kecil karena tersedia arena bermain anak dan kolam renang.

5. Pantai Remen

Pantai Remen (Foto: Instagram/pantairemen)
Pantai Remen (Foto: Instagram/pantairemen)

Kebanyakan pantai di Tuban memiliki pasir yang berwarna coklat, tetapi tidak dengan Pantai Remen. Pantai yang berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu ini merupakan satu satunya pantai pasir putih di Tuban. Harga tiket masuk ke pantai Remen cukup terjangkau, kamu cukup membayar Rp10.000 jika menggunakan kendaraan sepeda motor dan Rp15.000 jika menggunakan mobil. Jumlah tersebut sudah termasuk parkir.

Ciri khas dari pantai ini adalah pasir putihnya yang bersih, pohon cemara di pinggiran pantai, ombak pantai yang tenang dan terdapat danau buatan yang biasa disebut laguna. Laguna ini menjadi pemisah antara kawasan hutan dengan garis pantai. Terdapat wahana sepeda air yang menjadi spot bermain anak-anak di laguna tersebut.

Itulah lima rekomendasi pantai di Tuban yang cocok untuk dikunjungi saat liburan. Jadi pantai mana yang akan kamu kunjungi di libur panjang kali ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak