facebook

Semiliar Cinta untuk Ayah: Mengenal Lebih Dalam Sosok Ayah Lewat Buku

Sapta Stori
Semiliar Cinta untuk Ayah: Mengenal Lebih Dalam Sosok Ayah Lewat Buku
Dokumentasi Pribadi Sapta Stori (Dokumentasi Pribadi/Sapta Stori)

Tiap keluarga memiliki tipe ayah yang berbeda, ada yang romantis, pendiam, ataupun tegas kepada anak-anaknya. Tetapi, berbagai tipe yang berbeda itu hanyalah dilatarbelakangi kehidupan mereka sebelumnya. Dengan tipe yang berbeda pula, mereka tetaplah ayah kita, bapak kita yang menyayangi dengan sepenuh hati anak-anak mereka, kita.” (Pengantar)

Seberapa jauh kita mengenal ayah kita? Seorang ayah terkadang menunjukkan rasa sayangnya dengan cara yang tidak kita pahami dan hal itu tak jarang membuat jarak antara ayah dan anaknya menjadi renggang. Terlebih, ayah mungkin tidak bicara sebanyak ibu, juga tidak bersikap dan bicara selembut ibu. Dalam hal ini, bukuSemiliar Cinta untuk Ayah” barangkali dapat membantu kita untuk lebih memahami sosok seorang ayah, baik tentang sikap, tutur kata maupun keputusannya untuk keluarga.

Buku Semiliar Cinta untuk Ayah ditulis oleh Novi Chi, dkk dan diterbitkan pada tahun 2011 oleh Gema Insani. Buku ini merupakan hasil kolaborasi para penulis yang merangkum sejuta cerita anak tentang ayah mereka.

Galak dan kasar. Ya, mungkin dua hal itulah yang akan dikatakan orang mengenai Bapak. Beliau memang tak pernah berkata lembut, beliau juga tidak pernah bersikap dengan halus.” (Anisa Widiyarti - Bapakku Bukan Ayah Ideal)

Sebagian cerita dalam buku ini mengisahkan kenangan-kenangan manis seorang anak bersama sang ayah serta menunjukkan bagaimana cara ayah mereka membuktikan rasa cintanya kepada keluarga, terutama kepada anak-anaknya. Walau begitu, sebagian kisah lainnya menceritakan pengalaman pahit terkait ayah mereka, bahkan ada pula kisah anak yang hidup tanpa sosok seorang ayah.

Cerita-cerita dalam buku ini sebenarnya hanya segelintir dari begitu banyak kisah tentang ayah yang dimiliki oleh seluruh anak di dunia ini. Namun, kisah-kisah yang terdapat dalam buku ini mampu mewakili cerita sebagian besar orang. Dengan membaca buku ini, diharapkan para pembaca mampu melihat sisi lain di balik sifat dan karakter ayah mereka masing-masing.

Sungguh, hubungan manusia adalah hal yang perlu perenungan dan pendalaman. Menelaah hubungan manusia jelas bukanlah hal yang mudah, terutama jika menyangkut pertalian darah. Buku ini membantu kita untuk lebih jelas melihat sosok seorang ayah dan memahami berbagai sisi dirinya sebagai kepala keluarga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak