facebook

5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mengunjungi Istana Gyeongbokgung

Dini Hariyani
5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mengunjungi Istana Gyeongbokgung
Istana Gyeongbokgung di Korea Selatan (Pexels.com/Markus Winkler)

Gyeongbokgung adalah istana peninggalan Dinasti Joseon di Korea yang besar dan populer. Istana ini juga memiliki beberapa atraksi unik seperti National Folk Museum. Berikut ini hal yang harus kamu ketahui sebelum mengunjungi Istana Gyeongbokgung menyadur dari laman Seoulinspired.

1. Keindahan yang tertutupi

Gyeongbokgung merupakan istana terbesar di Korea yang memiliki lokasi strategis dan sangat populer. Istana Gyeongbokgung sangat sibuk setiap harinya karena keramaian pengunjung. Hal inilah yang membuat keindahannya susah untuk dinikmati secara leluasa.

Bahkan, jika kamu hanya menjelajah, mengambil foto, atau mencoba menelusuri museum, keramaiannya akan merusak pengalaman tersebut jika berkunjung di hari yang salah.

2. Waktu terbaik mengunjunginya

Istana Gyeongbokgung tidak memiliki sesuatu khusus yang menonjol selain ukuran asli dan signifikansi historisnya. Namun, Istana Gyeongbokgung masih bagus dan sangat layak jika kamu memang ingin mengunginya.

Lebih baik kunjungi di pagi hari untuk menghindari keramaian. Namun, jangan terkejut saat menjelang tengah hari, wisatawan akan mulai memadati istana ini. Selain itu, perlu diketahui bahwa istana ini tutup setiap hari Selasa.

3. Biaya masuk

Jika kamu masuk ke Istana Gyeongbokgung maka akan dikenakan biaya sekitar 3000 Won untuk dewasa dan 1500 Won untuk anak-anak. Uniknya, jika wisatawan memakai hanbok ke istana tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

Gyeongbokgung menawarkan wawasan yang luar biasa tentang sejarah dan budaya Korea. Selain itu, tempat ini juga sangat menyenangkan untuk dijelajahi dan menawarkan beberapa kesempatan berfoto yang fantastis.

4. Akses ke Istana Gyeongbokgung

Kamu dapat mencapai Istana Gyeongbokgung dengan mengambil jalur 5 (ungu) ke Stasiun Gwanghwamun. Atau, dengan mengambil jalur 3 (oranye) ke Stasiun Gyeongbokgung. Dari sini, istana hanya berjarak 5 menit dengan berjalan kaki.

5. Atraksi di Istana Gyeongbokgung

Istana Gyeongbokgung dibangun pada tahun 1395, merupakan istana pertama dari lima istana agung Dinasti Joseon. Di istana ini terdapat sebuah atraksi unik yaitu pergantian upacara penjaga yang terjadi ketika para penjaga kerajaan berganti antara shift siang dan malam.

Upacara merupakan pemandangan tradisional yang langka di Korea, karena upacara ini dilakukan persis seperti dulu dengan kostum dan alat peraga asli. Upacara berlangsung dua kali sehari di depan Gwanghwamun kecuali pada hari Selasa.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui jika ingin mengunjungi Istana Gyeongbokgung Korea. Semoga bisa menjadi referensi perjalanan kamu, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak