Destinasi Wisata Bulan Madu ala Maldives di Kota Padang, Pulau Sirandah

Priscilla Olga Salim
Destinasi Wisata Bulan Madu ala Maldives di Kota Padang, Pulau Sirandah
Pulau Sirandah (Instagram/sirandahisland_sb)

Sirandah adalah salah satu pulau yang berada di gugusan pulau pulau kecil di Sumatera Barat yang berada di lepas pantai Samudera Hindia, perbatasan kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Secara administratif pulau ini masuk wilayah Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat. Perjalanan menuju ke pulau tersebut menempuh kurang lebih 40 menit dari Pelabuhan Bungus.

Kondisi umum Pulau Sirandah merupakan pulau berbukit dengan pantai berpasir putih yang ditumbuhi berbagai pohon seperti kelapa dan bakau.

Nama Sirandah sendiri memiliki arti “si rendah” (dalam bahasa Minang). Penamaan tersebut dilatarbelakangi karena memang letak tempatnya dimana pesisir pantainya sangat landai jika dibandingkan dengan wilayah pulau lain di sekitarnya.

Pulau  ini sendiri tergolong masih baru dibuka sebagai pulau wisata, karena baru dibuka pada tahun 2017 untuk umum. Meskipun baru, tapi animo masyarakat cukup tinggi untuk berkunjung ke sini.

Banyak investor juga mulai masuk dan secara perlahan infrastruktur baru perlahan mulai dibangun dan dilengkapi sebagai kawasan wisata bahari yang bagus. Akibatnya, banyak pasangan yang memilih pulau ini sebagai destinasi bulan madu lho. 

Keunikan pulau ini adalah kita bisa menikmati pemandangan pulau ini secara menyeluruh karena kita bisa mengitari sekeliling pulau dan menikmati pantai pasir putihnya.

Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di sana antara lain Water sport, selfie underwater, diving, snorkeling, tracking hutan bakau menuju Pulau Penyu.

Pulau Penyu merupakan sebuah pulau kecil yang berdekatan di sebelah Pulau Sirandah yang menyerupai batok penyu. Selain itu, pengelola juga mempersiapkan area camping ground bagi para wisatawan yang ingin tidur bermandikan cahaya bulan dan bintang. Sungguh keindahan yang tak terkira. 

Berbagai macam paket wisata ditawarkan oleh pengelola atupun biro pariwisata, mulai one day trip, paket menginap, sampai paket khusus bulan madu.

Untuk paket one day trip akan dikenakan paket sebesar Rp 360.000 per orang dan dapat mengunjungi 2 pulau (Sirandah- Pagang) beserta makan siang, snack, water, dan foto selfie underwater di spot yang ditentukan. Tour ini berangkat dari pantai Bungus jam keberangkatan sekitar jam 9 pagi – 4 sore.

Sementara bagi wisatawan yang ingin lebih hemat cukup membayar tiket masuk pulau sebesar Rp 25.000 perorang dan bayar transportasi kapal wisata sebesar Rp 50.000 pulang pergi, berangkat dari Kampung Nelayan Sungai Pisang. Namun biasanya untuk menumpang dengan perahu nelayan harus berkelompok atau rombongan.

Sementara untuk menginap di Pulau Sirandah, pengelola menyediakan berbagai ragam harga dan tipe kamar. Ada 3 tipe cottage, cottage warna ada 9 unit, cottage kayu juga 9 unit ( 6 AC- 3 Non AC) dan kamar backpacker sebanyak 2 unit di mana tiap unit berisi  10 tempat tidur.

Selain menghabiskan malam di cottage ada juga paket camping dengan harga bervariasi mulai Rp 350.000  sampai Rp 1.250.000 per orang tergantung banyak rombongan dan paket apa yang kita pilih. Harga itu sudah termasuk layanan antar jemput ke pulau, makan 3 x, snorkeling, foto underwater, snack, dan pemandu wisata.

Dermaga Pulau Sirandah juga telah selesai pembangunannya dan terbaru area seluncuran waterboom juga sudah ready. Yuk, liburan ke Pulau Sirandah, bisa menghabiskan bulan madu ala Maldives dan berpetualang bersama keluarga tercinta.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak