Bikin Ngiler, 4 Menu Sarapan Khas Padang yang Wajib Dicoba

Ichwan Fadhly
Bikin Ngiler, 4 Menu Sarapan Khas Padang yang Wajib Dicoba
Ilustrasi lontong gulai (Unsplash.com)

Sumatera Barat sangat terkenal akan alamnya yang indah dan memesona. Selain alamnya, provinsi yang dihuni oleh masyarakat Minangkabau ini, juga terkenal akan masakannya yang sangat lezat dan menggugah selera.

Di Indonesia, sangat mudah ditemui rumah makan yang menyajikan masakan khas Sumatera Barat (biasa disebut masakan Padang). Di rumah makan Padang, terdapat berbagai macam menu seperti rendang, kalio, gulai, dan menu lainnya yang identik dengan menu makan siang.

Namun, ada juga beberapa rumah makan Padang yang menyajikan menu untuk sarapan yang sangat khas dengan masakan Padang. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba menu sarapan khas Padang, berikut adalah 4 menu sarapan khas Padang yang bisa Anda coba.

BACA JUGA: Ini 5 Alasan Masakan Padang Banyak yang Suka

1. Lontong Sayur

Lontong sayur khas Padang merupakan lontong yang disajikan dengan gulai sayur khas Padang. Secara umum, terdapat tiga jenis sayur atau gulai sebagai teman lontong di Padang.

Lontong Sayur. (Instagram.com/a_elisacha)
Lontong Sayur. (Instagram.com/a_elisacha)

Tiga jenis gulai tersebut yaitu, gulai cubadak (nangka) yang kuahnya berwarna kuning, gulai paku (pakis) yang kuahnya berwarna hijau, dan gulai toco yang kuahnya berwarna agak keabu-abuan. Tiap gulai memiliki rasa yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Tapi, secara keseluruhan, lontong padang memiliki perpaduan rasa gurih santan dan rempah-rempah. Bagi Anda yang menyukai masakan rempah dan gurih, lontong padang mungkin cocok untuk Anda.

2. Bubur Kampiun

Jika Anda tidak terlalu suka rasa rempah atau pedas, bubur kampiun mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus sebagai menu sarapan. Bubur kampiun merupakan campuran dari beberapa jenis bubur seperti bubur sum-sum, bubur ketan hitam, candil, dan bubur manis lainnya.

Sajian bubur kampiun (Instagram.com/astrid_oe)
Sajian bubur kampiun (Instagram.com/astrid_oe)

Rasa manis dari berbagai jenis bubur yang dipadukan dengan gurihnya kuah santan, sangat cocok sebagai menu sarapan. Apalagi jika ditemani dengan jajanan lainnya macam lupis, akan membuat sarapan Anda menjadi semakin lengkap.

BACA JUGA: 4 Ciri Khas Makanan Padang, Kaya akan Rempah!

3. Sate Padang

Sate kuliner khas Nusantara. (Lilis/Suara.com)
Sate kuliner khas Nusantara. (Lilis/Suara.com)

Di daerah lain di Indonesia, sate padang biasa mulai didagangkan ketika menjelang sore atau malam hari. Namun, di Sumatera Barat, ada beberapa pedagang sate yang mulai berdagang ketika pagi menjelang untuk disajikan sebagai menu sarapan.

Perpaduan daging bakar dan lontong yang disiram dengan bumbu khas Padang, sangat menguggah selera setiap orang yang mencicipinya. Ditambah dengan keripik singkong balado atau kerupuk jangek akan semakin melengkapi sarapan di pagi hari.

4. Teh Talua

Teh Talua (Instagram/minangtourism)
Teh Talua (Instagram/minangtourism)

Berbeda dengan menu lainnya yang berjenis makanan, teh talua (teh telur) adalah minuman khas Sumatera Barat. Teh talua terbuat dari campuran kuning telur ayam kampung atau itik, teh, gula, dan bahan tambahan lainnya.

Teh talua biasa diminum sebagai teman makan lontong atau menu sarapan lainnya. Selain sebagai menu sarapan, teh talua juga bisa dinikmati ketika malam hari sebagai kawan nongkrong bersama teman-teman.

Itulah 4 menu sarapan khas Padang yang bisa menjadi referensi Anda dalam memilih menu sarapan. Mana yang paling ingin Anda coba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak