4 Pesan Moral dari Novel 'Keajaiban Toko Kelontong Namiya', Yuk Renungkan!

Rizky Melinda Sari
4 Pesan Moral dari Novel 'Keajaiban Toko Kelontong Namiya', Yuk Renungkan!
Cover Buku Keajaiban Toko Kelontong Namiya (Twitter/@bukugpu)

Nilai kehidupan bisa kita dapatkan dari mana saja, mulai dari pengalaman orang lain hingga buku yang kita baca. Salah satu buku yang ditulis oleh penulis Jepang, Keigo Higashino, dengan judul Keajaiban Toko Kelontong Namiya ini salah satunya. 

Ada banyak sekali pesan moral yang kita dapatkan dari para tokoh yang ada di buku ini. Dikemas dalam plot dan alur cerita yang menarik, dengan memadukan unsur fantasi dan perjalanan waktu, membuat buku ini sama sekali tidak membosankan untuk dibaca.

BACA JUGA: Kocak! Luke Shaw Kejatuhan Kotoran Burung saat Makan Malam, Jack Grealish Ketawa Ngakak

Berikut ini adalah beberapa pesan moral yang akan kamu dapatkan dari buku berjudul Keajaiban Toko Kelontong Namiya.

1. Jangan menyuruh orang lain melakukan apa yang tidak sanggup kita lakukan

Pesan moral yang pertama adalah sebagai manusia, kita tidak bisa sembarangan memberikan saran kepada orang lain.

Kita harus bisa menunjukkan sikap empati, merasakan apa yang orang lain rasakan terlebih dahulu sebelum memberi saran. Sebisa mungkin, kita harus bisa memberi saran yang sudah pernah kita lakukan.

2. Mendengarkan masalah orang lain berarti kita menemani perjuangannya

Pesan moral kedua, saat seseorang bercerita atau curhat, mungkin sebenarnya dia tidak membutuhkan masukan atau saran dari kita. Dia hanya perlu tempat bercerita.

Dia hanya ingin didengarkan oleh orang lain yang bisa dipercaya, yang mampu mengerti dan tidak menghakimi ceritanya. Dia hanya perlu perasaan ditemani dan tidak sendiri.

BACA JUGA: 4 Potret Erina Gudono Berhijab saat Jadi Mahasiswa UGM, Bikin Pangling!

3. Tidak apa bertanya hanya untuk mendapatkan keyakinan

Dalam salah satu bab, ada cerita tentang pengirim surat yang sebenarnya sudah menemukan jawaban atas permasalahannya sendiri, dan mereka berkonsultasi hanya untuk memastikan bahwa orang lain juga membenarkan apa yang akan mereka lakukan. Tidak masalah untuk bertanya kembali agar kita semakin yakin dan pasti.

4. Menuliskan masalah, memperjelas solusinya

Pesan moral terakhir yang bisa kita dapatkan adalah dengan menuliskan masalah, akan memperjelas solusinya. Saat kita memiliki masalah dan tidak tahu solusinya, bisa diibaratkan kita sedang tersesat. Sebenarnya, kita punya peta yang menjelaskan mengapa kita bisa berada di posisi itu.

Namun, terkadang kita hanya tidak mau berusaha melihat peta itu. Salah satu cara untuk melihat peta itu adalah dengan menuliskan masalah kita di atas kertas.

Itulah empat pesan moral dari novel berjudul Keajaiban Toko Kelontong Namiya yang bisa kamu renungkan. Kamu sudah pernah membacanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak