Jangan Sia-Siakan! Ini 3 Keutamaan Bulan Rajab yang Penuh Kemuliaan

Dian Haerani
Jangan Sia-Siakan! Ini 3 Keutamaan Bulan Rajab yang Penuh Kemuliaan
Bulan Rajab (Pexels/Thirdman)

Tanggal 23 Januari 2023, bertepatan dengan hari pertama bulan Rajab tahun 1444 Hijriyah, bulan Islam yang penuh kemuliaan dan memiliki banyak keutamaan.

Bulan Rajab dianggap penuh kemuliaan karena pada bulan ini berbagai pembunuhan diharamkan oleh Allah SWT., larangan melakukan perbuatan haram lainnya pun lebih ditekankan di bulan ini daripada di bulan lainnya.

Di bulan Rajab, justru sangatlah baik untuk kita melakukan amal ketaatan karena akan menuai pahala yang lebih banyak.

Mengutip muslim.or.id, Ibnu ’Abbas mengatakan, ”Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.” (Latho-if Al Ma’arif, 207).

BACA JUGA: 7 Sungai yang Dianggap Suci bagi Masyarakat India, Bukan Cuma Sungai Gangga

Bulan Rajab termasuk ke dalam empat bulan yang dimaksudkan. Lalu sebenarnya apa saja yang menjadi keutamaan bulan yang mulia ini? Simak tiga poin berikut.

1. Doa-Doa akan Lebih Mustajab

Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm menegaskan bahwa bulan Rajab merupakan salah satu malam mustajab untuk doa. Sebagai umat muslim yang memiliki banyak hajat dalam kehidupan, kita patutnya memanfaatkan kesempatan ini untuk melangitkan segala keinginan.

Sebagaimana yang dikatakan Imam Syafi'i, "Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesunguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam hari raya Idul Adlha, malam hari raya Idul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam nishfu Sya'ban,".

BACA JUGA: Cari Tahu Kapan Memberikan Self Reward yang Tepat melalui Buku Ini!

2. Puasa Rajab

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang penuh akan rahmat dari Allah SWT. Menjalankan puasa sunnah di bulan ini akan memberikan kemuliaan dan pengampunan dosa-dosa bagi yang menjalankan. Selain itu, menjalankan puasa di luar puasa Ramadhan juga baik untuk kesehatan, lho.

3. Isra Mi'raj

Pada tanggal 27 di bulan Rajab ini, Rasulullah SAW melakukan perjalanan Isra Mi'raj dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang kemudian terbitlah perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu. Bagi kamu yang shalatnya sering bolong-bolong, bulan penuh kemuliaan ini adalah bulan yang tepat untuk memperbaiki kebiasaan buruk tersebut. Semoga jadi lebih termotivasi ya.

Itu dia tiga keutamaan bulan Rajab yang penuh kemuliaan dan pengampunan. Semoga bermanfaat!

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak