Your Say / health
Anggoro Kasih
Ilustrasi urine. (Shutterstock)

Suara.com - Ada banyak sinyal yang diberikan tubuh supaya kamu bisa menyadari jika tubuh sedang dalam kondisi kurang baik. Salah satunya, warna urine yang dikeluarkan tubuh bisa jadi tanda kesehatanmu sedang dalam kondisi seperti apa.

Namun, terkadang jika belum ada keluhan yang cukup mengganggu aktivitas, kamu akan menganggap bahwa itu baik-baik saja.

Nah, kali ini penulis akan membahas 5 macam warna urine yang bisa jadi pertanda kondisi kesehatanmu apakah sedang dalam keadaan baik-baik saja atau tidak. Yuk, simak ya!

1.Kuning pucat

Jika warna urinemu kuning pucat, kamu boleh lega. Artinya kamu sedang dalam keadaan baik-baik saja. Warna urine normal memang berwarna kuning pucat. Hal ini disebabkan zat kimia urobilin yang membuat warna urine menjadi kuning pucat, serta peranan pigmen urochrome.

2. Bening

Bagaimana jika warna urinenya bening atau transparan? Nah, warna urine seperti ini juga  masih dalam batasan wajar dan kamu dinyatakan dalam keadaan normal. Singkat kata, asupan cairan dalam tubuhmu sudah memenuhi jumlah minimal kebutuhan cairan tubuh. Tetap pertahankan ya!

3. Kuning tua

Masih berwarna kuning, namun agak tua? Belum perlu khawatir. Ini masih dalam kondisi normal, hanya saja kamu perlu sedikit memperhatikan asupanmu dihari itu.

Apakah kamu sudah minum cukup air putih? Apakah kamu terlalu banyak mengonsumsi minuman manis, berwarna, atau minuman berperasa buatan berlebihan? Jika ya, kamu bisa mengontrolnya agar kondisi tubuh tetap terjaga dan selalu membaik.

4. Kuning keruh, kecokelatan

Sudah mulai bukan warna kuning lagi nih. Jika warna urinemu berwarna kecokelatan atau lebih mirip warna madu, kamu mulai waspada ya. Itu sinyal dari tubuh, bahwa kamu mengalami dehidrasi.

Segera pulihkan dengan banyak mengonsumsi air putih agar tubuh kembali terhidrasi dengan baik. Bila masih kurang, minum air kelapa ya! Air kelapa segar bisa membantu memulihkan dehidrasi dengan cepat dalam keadaan darurat, lho!

5. Cokelat tua

Warna urine yang cokelat tua cukup untuk diperhatikan secara lebih intens. Warna urine demikian menandakan bahwa ada indikasi penyakit liver, atau ada permasalahan tidak normal pada hatimu.

Memang ini belum valid, namun bisa jadi petunjuk bahwa kamu perlu memeriksakan diri ke dokter segera. Apalagi jika diikuti dengan perubahan warna kulit dan mata yang  menjadi kekuningan.

Itulah 5 warna urine yang bisa jadi acuan sebagai pertanda seperti apa kondisi kesehatanmu saat itu. Memang terasa sepele, tapi sinyal-sinyal yang diberikan tubuhmu jangan sampai diabaikan begitu saja ya.

Penyakit bisa teratasi jika semakin awal dideteksi, bukan?