Xandra Junia Indriasti
Xandra Junia Indriasti
Ilustrasi wajah (freepik)

Mencuci wajah di malam hari menjadi hal yang dianggap paling sulit. Terlebih bagi kamu yang baru saja pulang dari beraktivitas, dimana akan terlalu malas untuk melakukannya hingga membiarkan kotoran dan riasan menempel pada kulit.

Padahal, malas membersihkan wajah sebelum tidur di malam hari dapat membuatmu mengalami hal-hal buruk dan merugikan bagi kulit.

Berikut 6 hal yang kamu alami jika malas membersihkan wajah di malam hari:

1. Wajah Kusam dan Berisiko Infeksi

Kotoran dan riasan yang masih menempel di wajah dapat berubah menjadi sel kulit mati, tepatnya pada bagian permukaan. Saat bangun, kamu akan dikejutkan oleh kondisi kulit yang tampak lelah, kusam, dan tidak bercahaya.

Tak hanya itu, dua hal tersebut juga dapat menutup pori-pori kulit sehingga menimbulkan bengkak menyerupai bintil di area sekitar mata. Jika ada luka disana, kotoran yang tidak dibersihkan bahkan bisa memicu infeksi. Mengerikan, ya!

2. Memicu Pertumbuhan Jerawat

Hal lain yang juga dialami jika malas mencuci muka di malam hari adalah dapat memicu pertumbuhan jerawat. Bakteri penyebabnya muncul pada wajah yang dipenuhi oleh kotoran. Kulit menjadi sulit bernapas, menimbulkan minyak berlebih, hingga sel kulit mati yang membentuk blokade untuk menutup pori-pori.

3. Kulit Menjadi Kering

Terlalu sering serta jarang mencuci muka menyebabkan kekeringan pada kulit. Terlebih saat malam hari, dimana akan mengalami penurunan hidrasi lebih banyak. Ketika riasan atau kotoran masih menempel, kulit wajah kesulitan mengelola hidrasinya dengan baik. Akibatnya, kamu terbangun dengan kondisi yang kering.

4. Kulit Mengalami Inflamasi

Wajah yang kotor mampu menghambat kulit untuk menjaga kesehatannya. Jika tak kunjung dibersihkan karena terlalu malas, bisa memicu terjadinya inflamasi. Beberapa diantaranya ditandai oleh kemerahan, rasa gatal, serta adanya pengelupasan. Maka dari itu, pastikan rutin mencuci muka di malam hari untuk menghindarinya.

5. Muncul Gejala Penuaan Dini

Radikal bebas yang terdiri dari asap, debu, atau gas kerap merusak kulit hingga membuatnya tak lagi sehat. Untuk itu, penting bagimu membersihkan wajah sebelum tidur. Jika tidak, berbagai gejala penuaan dini seperti keriput, bintik hitam, dan garis-garis halus akan muncul.

6. Bibir Kering dan Mengelupas

Tak hanya kulit wajah, bibir juga bisa kering dan mengelupas jika kamu tidak membersihkannya sebelum tidur di malam hari. Terlebih bagi yang masih menggunakan lipstick dan semacamnya, dimana berisiko merusak bagian yang sensitif tersebut.

Itulah enam hal yang akan terjadi jika kamu malas membersihkan wajah sebelum tidur. Pastikan untuk rajin melakukannya agar kesehatan dan kebersihan kulit bisa tetap terjaga sehingga terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu.

Sumber: popbela, hellosehat, klikdokter

Komentar